DE memonitor percakapan di IG. Namun karena keterbatasan hasil crawling IG Search, hasilnya mungkin tidak menggambarkan kondisi sebenarnya. IG Search hanya menampilkan postingan yang mengandung hashtags yang kita cari. Kata-kata biasa tidak muncul dalam pencarian. Banyak selebritis yang tidak memakai hashtags, jadinya tidak tertangkap.  Dengan catatan keterbatasan IG Search ini, saya share perbandingan postingan terkait ketiga paslon Pilpres 2024 di Instagram.  INSTAGRAM 21 JANUARI - 3 FEBRUARI 2024.

METODOLOGI  
Sumber: Instagram
Metode crawling: IG Search yang hanya berbasis hashtags.  
Kelemahan: jika sebuah post di dalam caption tidak ada hashtags, maka IG Search tidak akan menampilkan post dalam hasil pencarian.
Periode: 21 Januari - 3 Februari 2024
Keywords/Hashtags: lihat tabel

TOTAL POSTS (MENTIONS)  
Post atau mention adalah video atau gambar yang diupload netizen di IG, yang mengandung hashtags dalam caption yang dicrawling. Komentar tidak dicrawling.  TREND  
Dari grafik trend ini tampak bahwa paslon 01 dan paslon 02 bergantian menempati posisi atas dalam trend jumlah post di IG dalam periode 21 Jan-3 Feb 2-24. Paslon 03 berada dalam posisi ketiga.  
TOTAL POST  Total post dalam periode ini memperlihatkan paslon 02 sedikit di atas paslon 01, dan terakhir adalah paslon 03.   Paslon 01: 3453 posts Paslon 02: 3489 posts Paslon 03: 2534 posts  
SHARE OF VOICES  Dengan total di atas, didapatkan share of voices atau persentase post yang mengandung keyword untuk masing-masing paslon sebagai berikut:  Paslon 01: 36% Paslon 02: 37% Paslon 03: 27%

TOTAL INTERACTIONS  
Interaction adalah total dari jumlah Like dan Comment dari seluruh gambar dan video yang muncul dalam pencarian IG Search.  
TREND  Dalam periode 21 Jan - 3 Feb 2024, Paslon 01 tampak hampir selalu berada di atas dalam jumlah interaksi harian, diikuti oleh Paslon 02, dan terakhir Paslon 03.  
TOTAL INTERACTIONS  Berikut ini total interaction dari setiap paslon dalam periode pengamatan:  Paslon 01: 19,9 juta Paslon 02: 13,5 juta Paslon 03: 11,3 juta  
SHARE OF VOICES  Dari total interaksi di atas, didapat persentase untuk masing-masing paslon sebagai berikut:  Paslon 01: 45% Paslon 02: 30% Paslon 03: 25%

MOST LIKED POST: ANIES – MUHAIMIN

MOST LIKED AUTHORS: ANIES – MUHAIMIN

TOP HASHTAGS: ANIES – MUHAIMIN

MOST LIKED POST: PRABOWO – GIBRAN

MOST LIKED AUTHORS: PRABOWO – GIBRAN

TOP HASHTAGS: PRABOWO – GIBRAN

MOST LIKED POST: GANJAR – MAHFUD MD

MOST LIKED AUTHORS: GANJAR – MAHFUD MD

TOP HASHTAGS: GANJAR – MAHFUD MD

KESIMPULAN  
Perlu dicatat bahwa metode pengumpulan data di IG menggunakan fasilitas IG Search, yang hanya menyediakan pencarian berdasarkan hashtags/tagar.
Dengan demikian, postingan yang captionnya tidak mengandung hashtags, tidak muncul dalam hasil pencarian IG Search.  
Dengan keterbatasan di atas, didapat hasil sebagai berikut:  
• Jumlah post gambar/video Paslon 01 (36%) dan Paslon 02 (37%) hampirsama, dan paling sedikit adalah Paslon 03 (27%).  
• Jumlah interaksi dari total Like dan Comment menempatkan Paslon 01 (45%) di posisi teratas, diikuti Paslon 02 (30%) dan Paslon 03 (25%).  
Analisis sentiment belum diberikan, namun contoh 12 post yang paling banyak mendapat Like disediakan sebagai konteks. Demikian juga dengan top 45 influencer untuk masing-masing paslon juga diberikan.  
Akun-akun selebritis dan postingannya tidak muncul dalam data yang dikumpulkan, karena ternyata kebanyakan tidak memasang tagar yang bisa dicari oleh IG Search.  
Analisis ini memiliki banyak keterbatasan, gunakan secara bijaksana.

Link: https://twitter.com/ismailfahmi/status/1753973306078998915