Analisis Debat Kelima Capres-Cawapres 2019
Oleh: Ismail Fahmi
Di Trans7, analisis dibatasi oleh waktu. Bagaimana analisis lebih lengkap dari Drone Emprit tentang debat semalem?
SETTING DATA
Bagaimana Drone Emprit mengumpulkan data, diperlihatkan oleh setting kata kunci dan kanal media sosial dan media online berikut. Variasi nama yang mungkin digunakan warganet dimasukkan ke dalam kata kunci, dengan syarat masih presisi datanya.
TREN SELAMA DEBAT (20:00-22:00)
Drone Emprit mengambil periode 2 jam debat. Grafik tren memperlihatkan:
- awalnya tren JKW-KMA lebih tinggi, terbantu dari percakapan tentang kampanye di GBK sebelumnya;
- tren PS-SU awalnya rendah, lalu menjelang 21:00 naik pesat melebihi JKW-KMA.
SHARE OF VOICES
Dalam periode debat dari 20:00-22:00, didapat share of voices 50:50 bagi kedua paslon.
ANALISIS SENTIMEN
Selama debat sentimen percakapan terhadap kedua paslon sbb:
- JKW-KMA: Positif 63%, Negatif 20%
- PS-SU: Positif 51%, Negatif 28%.
Tampak JKW-KMA sentimen positif lebih besar, sedang PS-SU sentimen negatif yangg lebih besar.
TREN SENTIMEN NEGATIF
Kita lihat lebih detail bagaiman tren sentimen negatif terhadap kedua paslon. Ini bisa memperlihatkan besarnya serangan dari kedua pendukung.
- tren terhadap JKW-KMA cenderung stabil;
- sentimen negatif terhadap PS-SU naik pesat setelah 45 menit debat.
Kenaikan sentimen negatif setelah beberapa sesi itu memperlihatkan mulai banyaknya statement dari PS-SU yang dipersepsikan secara negatif oleh warganet, atau sengaja dijadikan bahan serangan oleh pendukung 01.
Stabilnya sentimen negatif pada JKW-KMA mengindikasikan tidak adanya upaya berarti dari influencer dan pendukung 02 dalam menyerang paslon 01. Nanti kita lihat di grafik SNA, apakah hal ini terkonfirmasi.
TREN SENTIMEN POSITIF
Ini grafik tren sentimen positif dari kedua paslon:
- di awal debat, tren positif JKW-KMA lebih tinggi
- sejak pertengahan debat, tren positif PS-SU naik, lalu naik turun bergantian dengan JKW-KMA.
SNA SEBELUM DEBAT (00:00-20:00)
Pada tanggal 13 April sebelum debat, kita lihat dari peta netizen yang membicarakan kedua paslon. Ada tiga cluster besar:
- cluster 01
- cluster 02, lebih besar dari 01
- cluster "give away" yang terhubung ke cluster 01 dan besar kontribusinya.
SNA SAAT DEBAT: JOKOWI-KMA
Peta netizen yang membicarakan JKW-KMA mengelompok berdasarkan pola interaksi mereka sbb:
- cluster 02 yang menyerang dengan sentimen negatif
- cluster 01 yang lebih besar
- cluster kecil tambahan 01
- cluster "give away"
Dalam debat-debat sebelumnya, pendukung 02 sangat besar serangannya kepada paslon 01, namun tidak dalam debat terakhir. Top influencer yang biasanya melontarkan serangan yang diamplifikasi pendukung militannya, tak banyak muncul, seperti Said Didu.
SNA SAAT DEBAT: PRABOWO-SANDI
Netizen yang membicarakan PS-SU, mengelompok sebagai berikut:
- cluster 02
- cluster 01 yang cukup besar dengan sentimen negatif
- sub cluster tambahan bagi 01.
Dengan peta seperti ini, sentimen negatif bagi PS-SU akan lebih tinggi.
TOP INFLUENCER JOKOWI-KMA
Dari 5 top influencer, yang paling tinggi adalah akun yang mengadakan "give away", yang bahkan mengalahkan influencer akun resmi Jokowi. Akun PollingLagi selalu mencantumkan kedua nama paslon, sehingga bisa muncul di kedua paslon.
TOP INFLUENCER PRABOWO SANDI
Selama debat, akun resmi Sandiuno yang paling besar mendapat interaksi, lalu akun PollingLagi yang juga berpengaruh di JKW-KMA. Akun HeraLoebs adalah salah satu leader trending topic 02, termasuk yang paling berpengaruh.
TOP HASHTAGS JOKOWI-KMA
Tagar yang diangkat oleh 01 selama debat adalah#JokowiMenangTotalDebat. Dan dari sub cluster tambahan mengangkat tagar #AkhirnyaDebatBerakhir.
TOP HASHTAGS PRABOWO-SANDI
Selama debat terakhir, pendukung 02 tidak membuat tagar khusus. Yang ada adalah amplifikasi dari tagar-tagar sebelumnya seperti #BeraniPilih02, #AaGymPilihPrabowo, #UAHPilihPrabowo, dan tagar #HoaxJkwMenangTotalDebat untuk merespons tagar 01.
VOLUME PERCAKAPAN BERDASARKAN TEMA DEBAT
Ada empat tema besar dalam debat terakhir. Volume percakapan memperlihatkan: - tema ekonomi, perdagangan dan industri paling populer
- ekonomi PS-SU paling besar dibahas
- tema keuangan dan investasi paling kecil.
PETA NETIZEN BERDASARKAN TEMA DEBAT
Untuk melihat siapa netizen yang serius dalam pembahasan, SNA berdasarkan tema ini akan menunjukkan peta mereka. Akun-akun give away yang tidak serius dalam topik, akan "go away".
- kedua cluster 01 dan 02 seimbang
- dihubungkan oleh media
INFORMATION ARBITRAGE
Di antara kedua cluster 01 dan 02 yang membahas tema debat, tampak banyak akun tengah yang mendapat interaksi cukup besar dari kedua cluster, yang disebut "information arbitrage". Sebagian besar adalah media. Selama debat, mereka membuat cek fakta dan report.
TOP TWIT JOKOWI-KMA
Untuk melihat lebih detail percakapan dalam debat, kita bisa lihat top twit yang paling banyak direspons. Narasi dan konteks bisa dibaca. Berikut ini narasi terkait paslon dari 01. Silahkan dibaca sendiri sambil ngopi.
TOP TWIT PRABOWO-SANDI
Dan berikut ini top 20 twit yang berisi konteks dan narasi terkait paslon dari 02.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari analisis media sosial atas debat terakhir versi DE:
- Percakapan tentang JKW-KMA lebih positif
- Sentimen negatif tentang PS-SU lebih besar
- Tema ekonomi paling populer
- Cluster 01 terbantu oleh sub cluster tambahan dan give away
- Cluster 02 lebih lemah serangannya
CLOSING
Polarisasi yang tampak di SNA Drone Emprit terkait pilpres memperlihatkan besarnya polarisasi di lapangan yang semakin lama semakin keras. Sekarang, semua tokoh, influencer dan publik harus mulai merajut kembali persaudaraan menjelang pesta demokrasi 17 April.