ANALISIS MEDIA SOSIAL DAN MEDIA ONLINE: CAGUB DK JAKARTA
Debat Pilgub DKJ pada 6 Oktober lalu jadi pembicaraan hangat di media sosial dan media online! Gimana reaksi warganet? Mari kita bongkar percakapan netizen dan sentimen publik yg berkembang! By Drone Emprit (@ismailfahmi)
METODOLOGI
Data analisis ini diambil dari sumber media online, Twitter, IG, FB, YT, dan TikTok dengan periode 6/10/2024 19.00 WIB - 11/10/2024 23.59 WIB.
SHARE OF VOICE
Pramono Anung mendominasi percakapan sebesar 47%, disusul Ridwan Kamil sebesar 43%, lalu Dharma Pongrekun sebesar 10% dengan total 51.490 mentions.
PERBANDINGAN SHARE OF VOICE
RK dan Pramono dibicarakan lebih dari 20 ribu mentions sementara Dharma kurang lebih 5 ribu mentions.
PF CHART
Pramono adalah cagub paling populer dan yang paling disenangi. Sementara RK adalah cagub paling tidak disenangi dan Dharma adalah cagub paling tidak populer.
PERBANDINGAN TREN
Pembicaraan tentang Pramono fluktuatif. Sementara pembicaraan tentang RK dan Dharma cenderung menurun.
PERBANDINGAN SENTIMEN
Pramono memiliki sentimen paling positif (94%) dan sentimen negatif paling kecil (5%). Disusul RK dengan sentimen positif 51% dan negatif 35% lalu Dharma dengan sentimen positif 43% dan negatif 10%.
OPINI TERHADAP RK
Opini positif: berkomitmen, punya pengalaman, berhasil sampaikan gagasan, dan inovatif. Opini negatif: gagal pimpin Jabar, tidak realistis, tidak inklusif, tidak mampu tangani masalah DKJ, dan lebih fokus pencitraan di medsos.
OPINI TERHADAP DHARMA
Opini positif: ide diapresiasi, pandangan kritis menarik dukungan, berkomitmen, dan berani. Opini negatif: public speaking kurang, teori konspirasi tidak berdasar, tidak inovatif, warga skeptis, dan tidak serius sebagai cagub.
OPINI TERHADAP PRAM
Opini positif: didukung kuat, realistis dan berbasis data, peduli rakyat, dan pemikiran jangka panjang. Opini negatif: ide tidak orisinal, visi kurang jelas, terlalu optimis, belum cukup responsif, ada tantangan stabilitas politik jika terpilih.
WORDCLOUD RK
Kata kunci utama tentang RK: "@ridwankamil", "Jakarta", "Jabar", "Barat", "@pak_suswono".
WORDCLOUD DHARMA
Kata kunci utama tentang Dharma: "AI", "alias", "intelijen", "artificial", dan "mata-mata".
WORDCLOUD PRAMONO
Kata kunci utama tentang Pram: "Jakarta", "Anung", "Doel", "Bang", "Karno".
PERSEPSI TERHADAP CAGUB
RK: unggul, solutif, menang, layak, disgusting, bobotoh, gagal, persija, unggul. Dharma: berani, menang, brilian, didoakan, realistis, kalah, konspiratif, keok, catut KTP, dan skizo. Pram: unggul, optimis, menang, didukung, pemimpin, dan korupsi e-KTP.
PETA MEDIA SOSIAL
Pembicaraan ttg Cagub DK Jakarta di media sosial didominasi klaster pro RK-Suswono, Pro Pramono-Rano, Kontra RK-Suswono, dan Kontra Pramono-Rano.
SNA
Pro RK-Suswono: harap debat bermanfaat dan promosi paslon. Kelompok Pro Pram-Rano: harap warga pilih Pram, yakin menang 1 putaran, dan sindir calon lain. Kontra RK-Suswono: kritik pemahaman dan kampanye AI. Kontra Pram-Rano: bahas kasus korupsi Pram dan sindir pola pikir.
TOP AKUN TTG RK
Top 5 akun yang bahas RK diantaranya: @Anak__Ogi, @ridwankamil, @enigmaticdaisy, @radiefrmdhna, @PKSejahtera.
TOP AKUN TTG DHARMA
Top 5 akun yang bahas Dharma diantaranya: @ismailfahmi, @kemgelapan, @GunRomli, @Yudaa13, @JhonSitorus_18.
TOP AKUN TTG PRAMONO
Top 5 akun yang bahas Pramono diantaranya: @siregar_najeges, @AntoniusCDN, @denni_sauya, @PaltiWest2024, @seruanhl.
EMOTION - RK
Emosi terkait RK didominasi Joy dan Trust.
EMOTION - DHARMA
Emosi terkait Dharma didominasi Joy dan Trust.
EMOTION - PRAM
Emosi terkait Pram didominasi Joy dan Trust.
TOP TOPIC RK RK cenderung lebih fokus bahas topik debat penguatan SDM.
TOP TOPIC RK
Penguatan SDM: pendidikan, tenaga kerja, kesehatan, dana bantuan, produktivitas, dan pengalaman kerja. Transformasi JKT: transportasi, bisnis, kemacetan, kualitas hidup dan kesehatan, pariwisata, lingkungan hidup, dan atasi banjir.
TOP TOPIC DHARMA Dharma lebih fokus bahas topik debat penguatan SDM.
TOP TOPIC DHARMA
Penguatan SDM: pendidikan, tenaga kerja, kesehatan, pajak, UMKM, dan program integrasi kebutuhan warga. Transformasi JKT: ekonomi, transportasi, budaya, atasi banjir, keadilan sosial, dan akses teknologi.
TOP TOPIC PRAMONO
Pramono lebih cenderung fokus bahas topik debat penguatan SDM.
TOP TOPIC PRAMONO
Penguatan SDM: kesejahteraan guru, tenaga kerja, keterampilan masyarakat, keamanan, dan ekonomi kreatif. Transformasi JKT: kota global, transportasi, kualitas hidup, bantuan sosial, dan transportasi laut.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER RK /1
Twit terbanyak dibagikan tentang RK: sindiran dan ketidakpuasan, sebut RK gagal pimpin Jabar, dan promosi visi-misi.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER RK /2
Twit terbanyak kedua dibagikan tentang RK: sindiran tentang kampanye, sindir istri RK, dan sindir utang Jabar saat RK jadi gubernur.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER RK /3
Twit terbanyak ketiga tentang RK: promosi visi-misi, bahas transportasi, dan sindir paslon RIDO.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER DHARMA /1
Twit terbanyak tentang Dharma: teori konspirasi, survei setelah debat, sebut Dharma paslon paling waras, dan singgung kebingungan soal ibu kota Indonesia.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER DHARMA /2
Twit terbanyak kedua tentang Dharma: sindir isu fufufafa, ide brilian Dharma, isu tata kota, dan survei setelah debat.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER DHARMA /3
Twit terbanyak ketiga tentang Dharma: kasus catut KTP, survei setelah debat, dan jawaban ketiga paslon soal transum.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER PRAM /1
Twit terbanyak tentang Pram: kasus korupsi e-KTP, harap warga pilih Pramdoel, doa menang satu putaran, dan sindir Pramono.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER PRAM /2
Twit terbanyak kedua tentang Pram: dukung Pramono, pendukung Pram sindir RK, dan mendoakan Pram menang.
MOST SHARED NARRATIVE TWITTER PRAM /3
Twit terbanyak ketiga tentang Pram: kampanye digital Pram, Pram hadiri acara maulid nabi, dan kunjungan Pram menyapa warga.
MOST SHARED NARRATIVE IG - RK
Postingan terbanyak dibagikan di IG tentang RK adalah kilas balik debat, janji ketiga paslon, dan solusi yang ditawarkan ketiga paslon.
MOST SHARED NARRATIVE IG - DHARMA
Postingan terbanyak dibagikan di IG tentang Dharma adalah janji Dharma, review ketiga paslon saat debat, dan kilas balik debat.
MOST SHARED NARRATIVE IG - PRAM
Postingan terbanyak dibagikan di IG tentang Pram adalah dukungan ke Pram, kilas balik debat, dan Pram kunjungi loyalis Anies.
MOST SHARED NARRATIVE FB - RK
Postingan terbanyak dibagikan di FB tentang RK adalah dukungan untuk RK, pertanyaan ke Dharma, dan survei elektabilitas setelah debat.
MOST SHARED NARRATIVE FB - DHARMA
Postingan terbanyak dibagikan di FB tentang Dharma adalah konspirasi soal pandemi Covid-19 dan AI, serta doakan Pram.
MOST SHARED NARRATIVE FB - PRAMONO
Postingan terbanyak dibagikan di FB tentang Pram adalahdukungan terhadap Pram, survei elektabilitas, dan kampanye janji.
MOST SHARED NARRATIVE YT - RK
Video terbanyak dibagikan di YT tentang RK adalah adu gagasan ketiga calon.
MOST SHARED NARRATIVE YT - DHARMA
Video terbanyak dibagikan di YT tentang Dharma adalah adu gagasan ketiga calon.
MOST SHARED NARRATIVE YT - PRAM Video terbanyak dibagikan di YT tentang Pram adalah adu gagasan ketiga calon.
MOST SHARED NARRATIVE TIKTOK - RK
Video terbanyak dibagikan di TikTok tentang RK adalah kilas balik pelaksanaan debat pilgub.
MOST SHARED NARRATIVE TIKTOK - DHARMA
Video terbanyak dibagikan di TikTok tentang Dharma adalah cuplikan tanggapan Dharma terhadap pertanyaan tentang konspirasi saat debat.
MOST SHARED NARRATIVE TIKTOK - PRAM):
Video terbanyak dibagikan di TikTok tentang Pram adalah kilas balik pelaksanaan debat pilgub.
TOPIC MAP RK
Topik paling banyak dibahas di media online tentang RK: selain sosok dan lawan politiknya, yaitu partai buruh, PHK, kemacetan, dan WFH.
TOPIC MAP DHARMA
Topik paling banyak dibahas di media online tentang Dharma: selain sosok dan lawan politiknya, yaitu pandemi, betawi, CCTV, AI, Gibran, dan Gen Z.
TOPIC MAP PRAM
Topik paling banyak dibahas di media online tentang Pram: selain sosok dan lawan politiknya, yaitu Gen Z, CCTV, transformasi Jakarta, Benyamin Sueb, PHK, dan TNI.
Link: https://x.com/DroneEmpritOffc/status/1845283369694921033