Oleh Ismail Fahmi

Selain gaduhnya media sosial karena beberapa konten yang dibuat Anji, ada hal yang menarik dan positif, yaitu bersatunya netizen dalam satu cluster. Biasanya terpolarisasi. Kali ini tidak.  Bagaimana analisis Drone Emprit?

SETTING  
DE menggunakan setting berikut untuk menangkap percakapan mentizen.  Kata kunci: Anji, @duniamanji, Hadi Pranoto Filter: - Date: 28 Juli - 4 Agustus Source: News, Twitter, FB, IG, YouTube.

TREN  
Dalam seminggu ini, ada 2 kehebohan di medsos karena Anji.  
1/ Soal sekolah daring yang bikin ribet orang tua.  
2/ Video wawancara dg Hadi Pranoto yang mengklaim menemukan obat covid-19.  
Sptnya niatnya baik, karena sblmnya bertemu Presiden dg artis2 lain sbg influencer.

TIMELINE  
14 Juli: bertemu Presiden dg artis influencer lain 30 Juli: ungkapan sekolah daring bikin ribet ortu 1 Agt: unggah video wawancara dg Hadi Pranoto 2 Agt: netizen melawan, RAS masal, video ditakedown YouTube 3 Agt: Anji dan HP dilaporkan ke polisi oleh @muannas_alaidid.

SNA 'Retweet & Mention'  
Grafik SNA ini menampilkan hubungan antar akun di Twitter yang ditarik karena mereka saling meretweet (agree) atau memention (diskusi).   Hasil: akun-akun besar yg biasanya terpolarisasi dlm kubu pro-kontra, kini membentuk satu cluster besar bersama2.

SNA 'Retweet'  Kalau hanya link retweet (agreement) saja yang ditampilkan hasilnya sama, terbentuk satu cluster besar.  Artinya, dalam isu Anji dan video dg Hadi Pranoto ini, netizen satu suara, banyak yg meretweet influencers meski biasanya berbeda cluster.

Top 5 Influencers  
1. @ElgarLouee  
2. @wowrfd  
3. @fullmoonfolks  
4. @pawpaoST  
5. @jcowacko  
Dari list ini, tampak bahwa percakapan ttg Anji dan HP paling banyak diramaikan oleh mereka yang selama ini netral (non partisan).

Top 60 Influencers  
Daftar lebih banyak bisa dilihat di sini. Selain 5 di atas, berikutnya adalah @ndrer, @aan__, @tubbirfess, @MISSARAP, @cursedkidd, @DamarJuniarto, @dr_tompi, @dirgarambe, @ernestprakasa, @tsuroiya, @faizaufi, @kaesangp (sebenarnya tdk bahas Anji, tp (P)anji).

Most Retweeted 1 sd 5  
Lima status paling diRT adalah dari @ElgarLouee, @wowrfd, @pawpaoST, @fullmoonfolks, dan @jcowacko.

Most Retweeted 6-10  
Lima berikutnya adalah dari @ndrer, @aan__, @tubbirfess, @MISSARAP, dan @CNNIndonesia.   Seperti sebelumnya, semuanya cenderung negatif thd video Anji dan HP.

Most Retweeted 11 - 20  
Berikutnya status dibuat oleh @euphotria, @fullmoonfolks, @cursedkidd, @DamarJuniarto, @dirgarambe, @dr_tompi, @tsuroiya, @faizaufi, dan @ernestprakasa.   Tidak ada yg mendukung video Anji. Kalau tidak mengritik, minimal mereka memberi saran kpd Anji.

Hal di atas sebenarnya membuktikan bahwa mayoritas netizen itu cukup cerdas dalam menilai konten berisi klaim yang mengandung kebohongan atau kesalahan yang fatal terkait covid-19.  Mereka bisa mengecek, dan bahkan ramai-ramai melaporkan agar platform menghapus videonya.

INSTAGRAM - MOST LIKED IMAGES  
Namun di halaman IG Anji sendiri, tampak banyak sekali yang percaya dan mendukung, spt artis Viavallen meski kemudian meralat. Kl netizen tidak ramai, bisa lbh banyak lagi.  Most liked image bisa dilihat di sini. Paling besar dari @NarasiNewsroom.

FACEBOOK  
Di FB, @KemenkesRI memberi penjelasan yg benar kepada publik ttg klaim dan informasi yang salah dari video Anji dan HP tersebut, sebagai kontra narasi. Lebih bagus kalau ada surat peringatkan 2x24 kpd pembuat video.  Postingan berita dari media jg banyak dishare.

MEDIA ONLINE - TOPIC MAP  
Pada awal video muncul pada 2 Juli, nama Hadi Pranoto muncul paling dominan dibanding Anji. Berikutnya topik Corona, IDI, Covid-19, Tompi, dan Via Vallen.  Organisasi yg paling tegas terkait video ini diawal adalah IDI, yg segera meminta Polisi menindak.

TOPIC MAP - 3 JULI  
Hari berikutnya, baru muncul lembaga lain seperti Polda Metro Jaya, @KemenkesRI Kemenkes, dan @KemenristekBRIN. Pelaporan Anji-Hadi ke polisi menjadi topik berita utama hari ini.

ANALISIS EMOSI  
Di media sosial Twitter, emosi netizen paling dominan: tidak percaya dan marah.  Netizen menyoroti Anji yg tak percaya pemerintah, percaya konspirasi, dan mereka tak percaya isi video Anji.  Kesalahan fatal dalam video bikin netizen marah kepada Anji & Hadi.

USIA  
Netizen di Twitter yang berhasil dideteksi usianya oleh Drone Emprit sebanyak 58.21% dari total 81.994 user.  Paling besar 52.35% dari yg terdeteksi berusia antara 19-29 tahun. Lalu 35.44% di bawah 18 tahun.   Kebanyakan anak-anak muda, generasi Millenial dan Z yg membahas.

GENDER  
Netizen di Twitter yang berhasil dideteksi jenis kelaminnya oleh Drone Emprit sebanyak 58.21% dari total 81.994 user.   Di antara mereka, paling banyak adalah laki-laki sebesar 57.85% dan perempuan sebanyak 42.15%.

KESIMPULAN  

- Influencer adalah mereka yang bisa memberi pengaruh besar kepada publik atau pengikutnya, karena kepopuleran mereka
- Anji sebagai artis memiliki fans yang besar, shg bis mempengaruhi masy lebih luas
- Soal video obat covid19 oleh Anji dan Hadi Pranoto ini jadi pelajaran bahwa misinformasi oleh seorang influencer bisa berdampak serius kepada publik.
- Banyak orang awam bisa dengan mudah percaya kepada influencer ini.
- Cluster besar terkait Anji memperlihatkan banyak yang cerdas dan waras memilih informasi.  
- Namun dalam echo chamber di IG, yang diikuti oleh pendukung, daya kritis ini bisa berkurang, shg publik bisa terpengaruh.
- Influencer harus hati-hati, ikuti sains terkait covid19.

CLOSING  

Ketika mengajak artis yg pengikutnya sangat besar, harusnya mereka tidak dilepas tanpa referensi ahli, khususnya kalau membuat postingan terkait covid19.  Kalau influencer ini cari bahan sendiri, dikhawatirkan bisa salah dan kontra produktif bagi upaya melawan covid.