Selama banjir, saya tidak ingin banyak membuat analisis. Biar masyarakat fokus dengan pekerjaan masing-masing. Ada yg jadi volunteer, petugas pemda, pemerintah, buzzer, dll.  Sekarang tren sudah turun, dan cukup data buat dianalisis dan diambil pelajarannya.   Enjoy.

Saya coba sampaikan data apa adanya, deskriptif, tanpa banyak analisis yg bisa subyektif. Tanpa kesimpulan ataupun saran.  Data dan grafik ini silahkan dibaca dan dianalisis lebih dalam oleh masing-masing pihak yg berminat.

Konteks  
Kita lihat bagaimana magnitude 'banjir Jakarta' dibanding isu-isu besar sebelumnya dan setelahnya, yaitu:  

  • Jiwasraya  
  • Natuna

Tren perbandingan isu Jiwasraya, Natuna, dan Banjir Jakarta  
Sejak tanggal 18 Desember 2019, kasus Jiwasraya sangat ramai dibicarakan. Begitu terjadi banjir, 1 Jan 2020 langsung turun volumenya, dan topik Banjir Jakarta menjadi sangat viral hingga 5x lebih volume peak Jiwasraya.

Volume Banjir Jakarta  
Dalam sebulan terakhir, meski peristiwa banjir lebih singkat dibanding isu Jiwasraya, namun banjir Jakarta (816k) berhasil mengalahkan total Jiwasraya (378k).   Isu Natuna juga cukup tinggi dengan total 232k, meski waktu lebih pendek.

Banjir secara umum vs Banjir Jakarta  
Saya membagi dua analisis: - banjir (tanpa filter) - banjir Jakarta (dengan filter terkait Jakarta: dki, jakarta, anies, gabener)

Tren Banjir secara umum vs Banjir Jakarta  
Jika dibandingkan dengan “banjir” secara umum, tampak jauh lebih banyak volumenya, dengan puncak 908k mention pada 2 Januari, sedangkan Banjir Jakarta sekitar 224k mention.

Percakapan Banjir Jakarta tidak sepenuhnya menangkap semua percakapan yang terkait Jakarta karena keterbatasan filter.   Namun datanya cukup representatif untuk mengetahui topik, influencer, dan beberapa analisis lain yg penting.

Volume Banjir secara umum dibandingkan Banjir Jakarta  
Sejak 31 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 (on going), total percakapan tentang “banjir” saja mencapai 2,7 juta lebih, sedangkan "Banjir Jakarta" 743k lebih.   Ini jumlah yang sangat tinggi.

Kita mulai dengan analisis terhadap "banjir" secara umum.

SNA Tagar Banjir  
Klasterisasi user dari pola retweet dan tagar  
Ada 3 cluster:
- Pro Anies  
- Kontra Anies
- Information Arbitrage (media, di tengah)  
Tampak, ada banyak tagar kontra yang menyerang Anies di salah satu cluster, misalnya #4niesMundurJakartaTeratur dll.

SNA Banjir  
Klasterisasi user dari pola retweet   Jika tanpa tagar, hasilnya kurang lebih sama juga.   Ada dua klaster besar Pro Anies dan Kontra Anies, di antara mereka ada media (penengah).  Juga ada akun KPOP Fandom yang mendapat retweet tinggi seperti @SJofficial.

Hashtags Banjir  
Menampilkan kampanye yang dominan terkait banjir  Ada tagar umum spt #BanjirJakarta Sangat dominan tagar terkait Anies, seperti #Kick4niesSaveWarga, #4niesMundurlah, #4niesLayakDimakzulkan, #4niesMundurJakartaTeratur, dll.  Ada juga #4niesDatangIndonesiaSenang.

Top 50 Hashtags Banjir - Pro dan Kontra Anies  Dari 50 hashtags, setidaknya ada 10 yang kontra Anies (#Kick4niesSaveWarga, #4niesMundurJakartaTeratur, dll)  Dan ada 5 dari yang pro Anies (#BanjirNasionalJaeDimana, #4niesDatangIndonesiaSenang, dll).

Top 5 Influencer Banjir - Tidak didominasi akun buzzer politik  Meski dalam SNA terdapat dua klaster pro-kontra yang politis, namun sebagian besar top 5 bukan dari mereka. Misal @Kookoomeng, @Sjofficial, @kangboci, @Dimasd97. Sebagian dari akun ini adalah dr KPOP Fandom.

Avatar Top 45 Influencer Banjir  Apakah wajah anda atau teman ada ada di sini?

Top 60 Influencer Banjir  
Lebih lengkap, ini tabel top 60 influencer tentang "banjir" secara umum. Banyak akun netral, banyak juga akun pro-kontra yang politis.

Most Retweeted ‘Banjir’ /1  
Top twitnya tak mengandung tagar politis. Isinya lebih banyak bersifat humanis, seperti permitaan bantuan, empati, juga ada humor.  Ini menarik, karena ternyata lebih banyak orang yg suka hal-hal yang humanis.

Most Retweeted ‘Banjir’ /2

Lanjutan top twit, bersifat non politis. Lebih entertaining, humanis, dan animal-is (sayang sama kucing).

Most Retweeted ‘Banjir’ /3
Calls for help, saling membantu, lebih disukai publik.  Juga thread yg mengajak manusia untuk lebih baik, bekerja sama, tidak saling menyalahkan.

Most Retweeted ‘Banjir’ /4  
Sekali lagi, postingan yang humanis, saling membantu, menyentuh hati, ikhlas, friendship.. jauh lebih disukai.   Ini temuan yang menggembirakan bagi saya. Karena ternyata kita masih punya hati. Masih lebih banyak orang yg mengedepankan kasih sayang.

Most Shared Image ‘Banjir’  
Ada kondom yang berserakan, mobil mengapung, rumah tenggelam, juga be*l di atas lautan air.

Bot Analysis ‘Banjir’  
Percakapan natural dengan Bot Score 1.6  Tak perlu bot untuk berbicara soal banjir. INi menjadi perhatian banyak orang, sehingga hasilnya percapakan tentang banjir secara umum dilakukan secara natural.

Word Cloud Online News 'Banjir'  
Berita banjir dilaporkan terjadi di Bekasi, Bogor, Jakarta, Tangerang, dan cukup tinggi di Cipinang Melayu, Lebak, dan sekitarnya.   Meski demikian, tokoh yang banyak disebut media secara konsisten dengan volume tinggi adalah Anies.

Topic Online News 'Banjir'  

Dalam beberapa hari periode banjir, Anies menjadi tokoh yang paling sering disebut, di samping tokoh lain seperti Basuki, Erick, SBY, Ganjar, dan Dedi.   Isu dari medsos seperti Formula E juga berhasil masuk ke media online.

Sekarang kita lanjutkan dengan analisis tentang 'Banjir Jakarta'.  
Keyword: banjir Filter: dki, jakarta, anies, gabener

SNA Tagar Banjir Jakarta  
Klasterisasi user dari retweet dan tagar  
Terdapat klaster yang pro dan kontra terhadap Anies. Salah satu klaster banyak menggunakan tagar yang menyerang Anies, seperti #4niesMundurJakartaTeratur, dll.  Di antara mereka ada cluster media sebagai penengah.

SNA Banjir Jakarta  
Klasterisasi user dari pola retweet  
Terdapat dua klaster user yang pro dan yang kontra terhadap Anies, yang tampak sama besarnya.  Kedua cluster ini berkontribusi pada tingginya percakapan ttg Anies. Bisa berimbang sentimen positif dan negatifnya.

Hashtags Banjir Jakarta - Kampanye tagar yg dominan terkait banjir Jakarta  
Selain hashtag banjir yang umum seperti #BanjirJakarta, paling banyak hashtags yang menyerang Anies, seperti #4niesMundurJakartaTeratur, dll.  
Ada juga bbrp hashtags pendukung seperti #AniesFokusKerja.

Top 50 Hashtags Banjir Jakarta - Pro dan Kontra Anies  
Dari hashtags ini, setidaknya ada 10 yang kontra Anies (#Kick4niesSaveWarga, #4niesMundurJakartaTeratur, dll), dan ada 6 dari yang pro Anies (#BanjirNasionalJaeDimana, #4niesDatangIndonesiaSenang, dll).

Top 5 Influencer Banjir Jakarta  
Untuk banjir dengan filter terkait Jakarta, top influencernya @davidnurbianto, @M_A_Shahab, @pemudajawa, @aniesbaswedan, dan @okkyirmanita.   Akun netral dan akun dari salah satu klaster pro-kontra ada di sini.

Avatar Top 45 Influencer Banjir Jakarta

Top 60 Influencer Banjir Jakarta  
Khusus membahas banjir Jakarta, apakah ada akun anda di sini?

Most Retweeted ‘Banjir Jakarta’ /1  
Percakapan tentang Banjir Jakarta ternyata juga sama. Yang paling disukai adalah yang mengajak kepada kewarasan dan hal-hal yang humanis.

Most Retweeted ‘Banjir Jakarta’ /2  
Ajakan untuk berubah, masukan yang konstruktif, humor, dan kritik yang fundamental tentang lingkungan. Ini yang disukai publik.

Most Retweeted ‘Banjir Jakarta’ /3  Informasi penting terkait kesehatan, dan status @basuki_btp yang empatik banyak disukai.

Most Retweeted ‘Banjir Jakarta’ /4  Aksi spontan yang humanis dari seorang warga, adalah berita yang menghangatkan dan banyak disukai.

Most Shared Image ‘Banjir Jakarta’  
Suasana banjir Jakarta yang sangat parah, bisa dilihat di sini. Akun @TMCPoldaMetro sangat membantu memberi informasi cepat tentang kondisi di berbagai lokasi di Jakarta. Informasinya banyak disukai publik dan dishare.

Bot Analysis ‘Banjir Jakarta’   Percakapan natural dengan Score 1.66

Word Cloud Online News 'Banjir Jakarta'

Topic Online News 'Banjir Jakarta'  
Anies selalu muncul dalam topik berita tentang banjir Jakarta, seperti halnya tentang banjir secara umum.   Jokowi muncul dalam konteks isu silang pendapat dengan Anies. Tokoh lain yang muncul adalah Menteri PU, Erick, Kemendes, dan Prasetio.

Popularitas Anies dan Jokowi  Sekarang kita lihat dampak bajir terhadap popularitas Anies. Kita bandingkan dengan Jokowi yang selalu paling tinggi selama ini.

Tren Popularitas Tokoh - Anies vs Jokowi (1 bulan)  
Dalam periode sebulan terakhir (7 Des 2019 sd 6 Jan 2020), sebelum banjir popularitas Jokowi selalu lebih tinggi.   Namun selama banjir sejak 1 Jan 2020, Anies mencapai peak (240k) atau tiga kali  dari Jokowi (83k).

Share Popularitas Tokoh - Anies vs Jokowi (1 bulan)  
Selama sebulan terakhir, total volume percakapan tentang Jokowi 1,44 juta (51%) dan tentang Anies 1,40 juta (49%).   Peristiwa banjir telah mendongkrak popularitas Anies, meski sentimen negatifnya juga tinggi karena serangan.

Tren Online News - Anies vs Jokowi (1 bulan)  
Selama sebulan terakhir, Jokowi masih mendominasi pemberitaan dengan 76% share, dan Anies 24%. N  amun tren selama banjir menempatkan Anies lebih tinggi volume pemberitaanya dari pada Jokowi.

Menjadi populer di media online, entah untuk sesuatu yang negatif atau positif, itu tidak mudah.   Ada yang rela membayar agar jadi populer, melalui hal-hal yang kontroversial. Misalnya Trump.  Dengan populer, hasilnya akan dikenal. Ini modal untuk tahap berikutnya: favorabilitas

Tren Popularitas Tokoh - Anies vs Jokowi (7 hari).  Selama banjir, 7 hari terakhir, Anies lebih popular dari Jokowi, baik dalam konteks positif maupun negative.   - Anies Baswedan puncaknya 240k mention, 2 Jan - Jokowi puncaknya 83k mention, 1 Jan.

Share Popularitas Tokoh - Anies vs Jokowi (7 hari)  Selama 7 hari terakhir selama banjir, total volume percakapan tentang Jokowi 403k (30%) dan tentang Anies 960k (70%).   Peristiwa banjir telah mendongkrak popularitas Anies.

Tren Online News - Anies vs Jokowi (7 hari)  Selama 5 hari terakhir, Anies mendominasi pemberitaan di media online karena banjir.   Selama seminggu, share Anies 52%, sedikit lebih tinggi dari Jokowi yang 48%.

Popularitas Tokoh Nasional  Lebih luas, kita coba lihat perbandingan popularitas beberapa tokoh nasional ini: Jokowi, Megawati, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Khofifah IP, dan Mahfud MD

Tren Popularitas Tokoh - 1 bulan  Jokowi selalu tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Saat peristiwa banjir, Anies yang tertinggi, dan di hari-hari lain nomor dua setelah Jokowi. Di beberapa titik Anies dikalahkan oleh Megawati.

Volume Popularitas Tokoh - 1 bulan  
Selama sebulan:  
- Jokowi tertinggi dengan 1,44 juta mention
- Anies 1,40 juta - Mahfud MD 171k
- Ganjar Pranowo 152k
- Ridwan Kamil 105k
- Megawati 19,9k
- Khofifah IP 13,7k

Tren Popularitas Tokoh - 7 Hari  Selama 7 hari terakhir, Anies tertinggi, lalu Jokowi dan diikuti tokoh-tokoh lain yang kurang signifikan kalau dibandingkan volumenya.

Volume Popularitas Tokoh - 7 Hari  
Selama 7 hari terakhir:
- Anies 961k
- Jokowi 404k
- Ridwan Kamil 66k
- Ganjar Pranowo 53k
- Mahfud MD 13k
- Megawati 3,4k
- Khofifah IP 1,5k

Demikian, semoga bermanfaat.   Jangan mainan medsos mulu. Mari berlibur, melihat beragamnya manusia. Biar kita sadar bahwa:  "Apa yang kita pertentangkan, perjuangkan, bela mati-matian di medsos ini, tidak ada artinya, kecuali karena rasa cinta kepada sesama dan ketiadaan diri."