Selama Ramadhan, Customer Services bank gadungan pada ikut puasa. Mereka serentak menghentikan aktivitasnya. Kita lihat, apakah setelah lebaran mulai muncul lagi. @HaloBCA@mandiricare@kontakBRI@BNICustomerCare.
![](/content/images/2021/05/image-73.png)
Tapi ndak tahu kalau modusnya ganti, mereka main di DM langsung ke user.
![](/content/images/2021/05/image-74.png)
Peta jejaring akun penipu dan nasabah dari 4 bank besar: @kontakBRI, @mandiricare, @HaloBCA, dan @BNICustomerCare.
![](/content/images/2021/05/image-75.png)
BCA yang paling banyak serangan dari akun CS penipu. Dan BRI terbanyak dari kalangan bank milik pemerintah.
![](/content/images/2021/05/image-76.png)
Avatar akun CS penipu terkait bank BRI. Nama dan semua avatarnya sama.
![](/content/images/2021/05/image-77.png)
Meskipun weekend, aktivitas penipu ini tidak turun. Rupanya banyak nasabah yang punya masalah di weekend juga, sehingga jadi target empuk.
![](/content/images/2021/05/image-78.png)
Di BRI, hampir separuh dari akun yang terlibat dalam percakapan dengan CS resmi adalah akun penipu.
![](/content/images/2021/05/image-79.png)
Peta jejaring penipu dan nasabah dalam LiveChat BRI. Beberapa akun penipu berkelompok. Biasanya mereka beroperasi bersamaan, sekalingus mengeroyok nasabah. Karena disuspend ramai2, lalu bikin baru lagi ramai2, bikin kelompok lagi.
![](/content/images/2021/05/image-80.png)
Jika dizoom, tampak betapa masifnya gerakan akun penipu yang mengeroyok nasabah bank (BRI) yang kebetulan lapor adanya masalah di timeline kontak BRI secara terbuka.
![](/content/images/2021/05/image-81.png)
Contoh 2 akun penipu mengeroyok seorang nasabah.
![](/content/images/2021/05/image-82.png)
Nasabah tersebut @AMJKA_SyafL ternyata dikeroyok oleh 16 akun penipu pada saat bersamaan.
![](/content/images/2021/05/image-83.png)
Saran Solusi buat Bank Kuncinya bikin: deteksi, warning, dan report otomatis.
![](/content/images/2021/05/image-84.png)
Strategi
1/ Bikin program yang mendeteksi kemunculan reply dari akun penipu; gunakan pola yang sering mereka gunakan, dan terus diperbarui, misal adanya keyword “BRI LiveChat”.
2/ Setiap ada reply dengan keyword di atas dan bukan dari akun resmi @kontakBRI, otomatis reply postingan tersebut dengan peringatan kepada nasabah.
3/ Setiap ada akun bot penipu, otomatis buat report ke Twitter agar disuspend.
Link: https://twitter.com/ismailfahmi/status/1390010390663159819