HAMPERS
Oleh Ismail Fahmi
Selingan dulu ya, sebelum bahas yang lebih serius. Kini tentang "parcel" eh "hampers".
Bagaimana "hampers" tiba-tiba mengalahkan popularitas "parcel"?
Siapa dan apa yang paling menarik ttg "hampers" selama lebaran ini?
Hampers apa yang paling diinginkan?
Apa itu Hampers?
Di Inggris, istilah hamper lebih erat dengan keranjang anyaman yang berukuran besar dan digunakan untuk mengangkut barang atau makanan.
Jadi parcel yang diwadahi keranjang ayaman, bisa disebut hamper (orang Indonesia menyebutnya "hampers").
Sejak kapan "hampers" mengalahkan "parcel"?
Dalam 5 tahun terakhir, data trend pencarian di Google menunjukkan bahwa di Indonesia:
- istilah "parcel" jauh lebih banyak digunakan
- baru di tahun 2020 saat lebaran ini "hampers" menyalip
- kata "hampers" lbh disukai drpd "hamper".
Detik-detik "hampers" mengalahkan "parcel"
- Dalam 30 hari terakhir (sblm 29 Mei), total tren parcel masih lebih tinggi dari hampers.
- Namun sejak 20 Mei, interest publik Indonesia terhadap hampers mengalahkan parcel.
- Puncak keduanya terjadi 2 hari sebelum lebaran (22 Mei)
Hampers: Data Google Trends & Drone Emprit
Jika interest di Google puncaknya 2 hari sebelum lebaran (22 Mei), ternyata keriuhan di media sosial terjadi pada 1 hari sebelum lebaran (23 Mei), saat publik berbagi kabar tentang hampers yang mereka cari, kirim atau dapatkan.
Hampers: Twitter dan IG
Dengan keyword "hampers", sejak 16 Mei sd 27 Mei 2020, puncak tren terjadi pada 23 Mei (sehari sebelum lebaran). Total ada 68.1K mention di Twitter, dan 1.3K mention di IG untuk kata kunci tersebut.
SNA "HAMPERS"
Hampers ini sebenarnya bahasa Inggris. Namun dalam periode 16 sd 27 Mei 2020, seluruh percakapan di Twitter ternyata didominasi oleh netizen dari Indonesia. Mereka dalam satu cluster besar.
Tokohnya: @dekkribo, @zahraamalias, @fajarnugros, @nildza, @solehsolihun.
TOP 5 INFLUENCERS "HAMPERS"
1. @dekkribo 15,229
2. @zahraamalias 9,195
3. @fajarnugros 8,881
4. @nildza 8,618
5. @solehsolihun 6,758
TOP 100 INFLUENCERS "HAMPERS"
Selengkapnya daftar top influencers (berdasarkan total rt dan reply) bisa dilihat di tabel ini.
TOP TWITS (1-5)
Pemilik 5 twit paling populer dari jumlah RT adalah: @dekkribo, @fajarnugros, @nildza, @zahraamalias, dan @solehsolihun.
Best "hampers" twit goes to: @dekkribo
"Gw katolik, ibu kos muslim. Natalan kmrin si ibu aku kirim hampers. Pagi ini mo misa online, si ibu bawain makan lengkap dgn rendang. .. Sbnernya masih bnyak kok org yg toleran, cuma ga keliatan di medsos aja."
Twit "hampers" terpopuler kedua goes to @fajarnugros:
"Parcel berubah jadi Hampers ini sejak kapan sih?"
TOP TWITS (6-10)
Twit terpopuler berikutnya dari @basithahulahula, @aan__, @andihiyat, @alandakariza, @dmsrmdnt.
Twit nomor 9 ini menarik, dari @alandakariza.
Menjawab fenomena "hampers" yang telah menyelamatkan UKM, termasuk yang dia tangani. Berkat pesanan "hampers", kami bisa mempekerjakan mereka kembali, membayar THR, memberi sembako kepada PKL ...
TOP TWIT (11 sd 20)
Dan 10 top twit berikutnya tentang "hampers" jatuh pada netizen berikut: @JVLEHA, @SBKCF, @sausauable, @andihiyat, @bosendamai, @JeromePolin, @NUgarislucu, @mememekanlirik, dan @nisatyas.
Twit dari @nisatyas ini menarik.
Meresponse mereka yang mengritik postingan tentang hampers. Karena itu bisa menjadi "win win, silaturrahmi jalan, UKM terbantu, jasa kurir berkembang. Income & lapangan kerja semua lho itu."
Twit @NUgarislucu juga menarik, yang memprediksi pada New Normal nanti: "Berkat Tahlilan ganti Hampers"
MOST SHARED IMAGES (TWITTER)
Ingin tahu beberapa contoh hampers yang banyak dishare di Twitter? Silahkan lihat daftar ini. Bisa jadi ide buat bisnis hampers mendatang.
Ingin tahu "hampers" yang paling diinginkan? Ini dia. Dari @aan__ yang mendambakan kucing dalam kardus. kalau mau disebut "hampers", kucingnya dimasukkan ke dalam "besek besar".
TOP HASHTAGS (TWITTER)
Selain #GIVEAWAY, ternyata #KawanPajak juga tinggi. Ini ditrigger oleh @DitjenPajakRI yang meminta masyarakat tidak memberi "hampers" atau pemberian dalam bentuk apapun sebagai gratifikasi kepada petugas pajak.
DISTRIBUSI LOKASI MENTIONS “HAMPERS”
Berdasarkan informasi dari profile user di Twitter, yang secara random mengisi informasi lokasinya, didapat peta sebaran propinsi di dunia ini. Sebagian besar berkumpul di Indonesia.
DISTRIBUSI KOTA, PROPINSI, DAN NEGARA
Secara global, kota yang paling banyak bahas "hampers" adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta yang tertinggi. Dan negara yang paling terdampak adalah Indonesia, lalu UK, dan India.
GENERASI Z DAN MILLENIAL JUARANYA
Dari sebaran usia pengguna Twitter, paling banyak mereka di rentang usia 19-29 tahun, dan <= 18 tahun. Generasi tua tak terlalu minat.
PEREMPUAN LEBIH SUKA HAMPERS DARI LAKI-LAKI
Sebanyak 51.02% user adalah perempuan, dan 48.98% laki-laki yang membahas topik ini. Ini info penting, bagi laki-laki jomblo, sering-sering kasih "hampers" ke calon pasangan anda.
EMOTION: TRUST AND JOY
Analisis emosi memperlihatkan Trust dan Joy yang paling dominan. Trust, karena banyak yang setuju dan mau membagi hampers kepada orang lain yang dikasihi. Dan Joy, karena banyak kegembiraan yang diciptakan dari berbagi hampers ini. Anticipation...
Emosi "anticipation" diperlihatkan oleh netizen yang cukup banyak yg berharap mendapatkan "hampers". Ekspresi "surprise" itu sendiri tidak terlalu banyak. Mungkin tak banyak yang memperlihatkan keterkejutan menerima hampers.
HASHTAGS (IG)
Dari daftar top hashtags di Instagram berikut, bisa didapat gambaran hampers yang banyak dijual atau diminati. Mukena, tumbler, cookies, kue lebaran (paling banyak). Dan buat cowok jomblo, siapkan hampers "prayerset".
Istilah "hampers" sebagai pengganti "parcel" ini sudah lama di Indonesia, namun trennya baru tahun ini mengalahkan parcel. Sepertinya untuk menaikkan "value" marketing, entah untuk menarik konsumen atau menaikkan harga. Apapun itu, "hampers" telah menyelamatkan sebagian UKM.
CLOSING
Terbukti, berbagi "hampers" telah membagi "joy" di hari lebaran ini. Apalagi kalau hampersnya "seperangkat alat sholat".