Hari Ibu: Ketika ‘Bahasa Anak Muda’ Lebih Diterima

Oleh: Windo W

Drone Emprit (DE) telah membuat satu projek yang memantau pemberitaan dan percakapan terkait Hari Ibu, yang diperingati kemarin, 22 Desember. Pemantauan dilakukan satu hari penuh baik di media online maupun media sosial (khususnya Twitter).

Data yang diperoleh berdasarkan kata kunci: Hari Ibu. Tujuan tulisan ini, selain ingin melihat volume dan tren pemberitaan serta percakapan tentang Hari Ibu, juga topik-topik apa saja yang disorot dalam pemberitaan atau percakapan terkait Hari Ibu. Lalu, dari data yang ada, akan dicoba ditarik sejumlah poin.

DATA

Volume dan Tren

Volume penyebutan satu hari pemantauan selama Hari Ibu pada Sabtu, 22 Desember, yakni 4.306 di kanal media online (Online News) dan 56.017 di kanal media sosial Twitter.

Pemberitaan tentang Hari Ibu sudah muncul pada pagi hari. Setelah itu, perlahan-lahan jumlah pemberitaan (berdasarkan jumlah artikel) meningkat. Puncak pemberitaan terjadi pada pukul 11 siang. Kemudian, berangsur mengalami naik turun, namun tidak melebihi puncak pemberitaan pada pukul 11 siang.

Tren percakapan di media sosial Twitter tentang Hari Ibu sudah dimulai sejak pagi dan puncak percakapan terjadi pada siang hari, yakni pada pukul 12. Pada puncak percakapan ini, penyebutan yang muncul melebihi 60K. Percakapan kemudian perlahan-lahan menurun setelah itu.

Engagament Type

Dilihat dari pola percakapan di media sosial Twitter, pola retweetl ebih menonjol ketimbang pola mention baru atau reply. Pola retweet sebanyak 63,69%, sedangkan pola mention baru sebanyak 26,99% dan pola reply sebanyak 5,31%. Ini mengindikasikan bahwa pola percakapan terkait Hari Ibu di media sosial (Twitter) lebih banyak melibatkan percakapan yang bersifat men-share twit tertentu. Ini adalah kondisi percakapan yang normal.

Sebaran Pemberitaan di Media

Berbagai media online baik yang mainstream (seperti tempo.com, liputan6.com, kumpuran.com, detik.com) maupun alternatif (akurat.com, bidikfakta.com) menaikkan berita tentang Hari Ibu. Jumlah artikel yang dimuat beragam pada masing-masing media.

Topics Map

Ada berbagai topik yang disorot oleh media pada peringatan Hari Ibu. Di antaranya tentang video yang dikirim Jokowi yang berkisah tentang ibu dan perempuan keseluruhannya di akun Instagramnya, serta video yang berpesan khusus untuk ibunya; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, yang mengajak perempuan Indonesia untuk bangkit bersama-sama membangun bangsa dengan beragam potensinya; PDI Perjuangan yang menempatkan peringatan Hari Ibu sebagai momentum untuk mendorong kepeloporan perempuan (dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara).

Most Retweet

Ucapan penghargaan terhadap Ibu pada momen Hari Ibu bermunculan dari beragam kalangan, mulai dari musisi, politisi, pejabat, organisasi hingga kalangan anak-anak muda yang aktif bermedia sosial.

Ada yang mengekspresikan dengan nada “bercanda”, tapi sarat kenangan atas tingkah polah Ibu yang ngangenin dan penuh kasih sayang untuk anak-anaknya. Percakapan dengan ekspresi dan redaksi seperti ini mendominasi dan paling banyak diminati oleh sejumlah warganet (terlihat dari daftar most retweet, tiga di antara mereka masuk dalam dalam top five dari most retweet).

@andihiyat : Selamat hari ibu, terima kasih sudah mencontohkan kalo lagi nawar harga, pura-pura pergi dulu biar dipanggil lagi.
22/Dec/2018 11:08 WIB
@seterahdeh : untuk ibu yg lagi tidur trus anaknya tenang tapi giliran anaknya tidur ibunya gompryang2 di dapur untuk ibu yg lagi nonton tv tapi merem pas remotnya mau diambil malah gak boleh karna masih nonton untuk ibu yg tiap pagi teriak udah jam 7 padahal masih jam 6 selamat hari ibu.
22/Dec/2018 08:32 WIB
@bayu_joo : Teruntuk ibu yang kalo anaknya ngeluh sakit, jawabannya selalu "kecapean itu mah" selamat hari ibu
22/Dec/2018 14:07 WIB
@jek___ : selamat hari ibu terima kasih karena selalu bisa nemuin barang yang seharian dicari walau pun basarnas udah turun tangan #ibukuhebat
22/Dec/2018 08:21 WIB
@yeahmahasiswa : "Ma, selamat Hari Ibu ya..😘" "Iya makasih.. Tapi mama ga butuh ucapan, mama cuma butuh kamu lulus nak"
22/Dec/2018 09:54 WIB
@novasaulia : @seterahdeh Untuk ibu yang bisa nemuin barang yang aku cari, padahal pas aku yang nyari ga ada, terus bilang "ini ada, makanya carinya pake mata" Selamat hari ibu.
22/Dec/2018 08:40 WIB

Ada yang mengekspresikannya dengan cara mengungkapkan agar jangan lupa membahagiakan Ibu.

@pancabagusa : Jangan jadi anak yang sibuk mengucapkan selamat Hari Ibu di medsos hingga lupa membahagiakan Ibu di dunia nyata https://t.co/mkSEdAzUhj
22/Dec/2018 06:49 WIB
@aniesbaswedan : Ibu adalah sebuah kata singkat yang mencerminkan perasaan cinta tanpa batas. Setiap orang pasti memiliki pengalaman kasih sayang dari Ibu. Hari Ibu menjadi kesempatan bagi kita untuk mendoakan Ibu, memastikan kebahagiaan bagi Ibu, mengembalikan cinta kasih Ibu. #SelamatHariIbu. https://t.co/17gHx0OEkm
22/Dec/2018 10:08 WIB

Ada yang mengekspresikannya dengan cara mengungkapkan jasa Ibu.

@prabowo : Keberadaan kita saat ini tak lepas dari do’a dan kasih sayang ibu. Merawat dan mendidik tulus tanpa pamrih. Dengan caranya, ibu membuat kita menjadi sosok yang tegar, berani membela kebenaran dan pantang menyerah dalam menghadapi setiap masalah. Selamat hari ibu. https://t.co/YADE3fDrfm
22/Dec/2018 12:49 WIB
@mohmahfudmd : "Perempuan adl tiang negara". Baik buruknya suatu negara sangat ditentukan oleh kaum Ibu. Banyak tokoh2 besar jatuh krn isterinya tamak, banyak anak sesat jalan krn ibunya tdk benar. "An-nisaa' imaadul bilaad". SELAMAT HARI IBU.
22/Dec/2018 09:55 WIB

Ada juga yang mengeskpresikan dengan mengucapkan doa pada Ibu.

@ridwankamil : SELAMAT HARI IBU 2018. Hormat dan doa kami untuk semua Ibu dimanapun engkau berada. #SelamatHariIbu https://t.co/OCkUFwB9Sp
22/Dec/2018 10:18 WIB

Ada pula yang membagi twit dan share video Jokowi yang mengucapkan selamat hari ibu pada ibunya.

@MurtadhaOne: Kejutan Presiden Jokowi untuk Ibunda Tercinta di Hari Ibu Dalam sebuah acara bincang-bincang di Menteng,,Sudjiatmi Notomiharjo diberikan kejutan oleh anak sulungnya. Di tengah2 percakapan, diputarkan tayangan video ucapan dari Presiden untuk sang Ibu #IbukuNomerSatu https://t.co/Y1ysZMSDxB
22/Dec/2018 17:40 WIB

Ada pula yang menyoal panggilan Ibu.

@sudjiwotedjo : Bu Broto, ibunya ibuku. Keluarga kami dalam tradisi sapaan “Ibu”, spt Hari Ibu saat ini, bukan Hari Mama. Sampai thn 70-an, kami menganggap bahwa panggilan “Mama-Papa” kebarat2an. Sampai kini anak2ku manggil aku juga “Bapak” , walau kalau lagi hepi banget manggil aku “Cuk” https://t.co/BPxkRvL2bZ
22/Dec/2018 10:36 WIB

Shared Images

Ada sejumlah shared images dalam percakapan Hari Ibu. Berikut beberapa daftar shared images tersebut.

Hashtags

Hestek yang bermunculan pada momen Hari Ibu dihiasi sebagian besar atau paling menonjol oleh hestek yang mencerminkan tentang peringatan, kasih sayang dan apresiasi terhadap Ibu seperti #SelamatHariIbu, #IbukuNomerSatu, #HariIbu, #ibuk, #HariIbu2018, #IbukuNomorSatu, #ibukuhebat, #MothersDay, #happymothersday, #hariibunasional. Selain itu, juga muncul hestek yang kerap digunakan oleh para pendukung paslon capres-cawapres baik nomor urut satu (Jokowi-Ma’aruf) maupun dua (Prabowo-Sandi) seperti #01IndonesiaMaju, #01JokowiLagi, #2019PrabowoSandi, #JokowiLagi. #2019GantiPresiden  

SNA

Dari peta SNA, kendati terlihat sejumlah akun-akun dari tokoh-tokoh penting seperti @prabowo, @aniesbaswedan, @sandiuno, @mohmahfudmd, @ridwankamil, atau @sudjiwotedjo, pusat percakapan paling menonjol justru ada pada tiga akun, yakni @andihiyat @seterahdeh @bayu_joo, dan twit mereka sarat kenangan atas tingkah polah Ibu yang ngangenin dan penuh kasih sayang.

ANALISIS

Dari data di atas, poin-poin yang bisa disampaikan sebagai berikut.

Pertama, momen Hari Ibu kemarin mendapat perhatian baik di kanal media online maupun kanal media sosial Twitter. Di kanal media online misalnya dapat dilihat dari sebaran pemberitaan di sejumlah media (online) baik yang mainstream maupun alternatif. Di kanal media sosial Twiiter, perhatian tersebut tampak dari percakapan yang tinggi dari segi volume dalam satu hari kemarin yang hampir setara dengan 2.334 penyebutan per jam.

Kedua, baik kubu petahana maupun oposisi sama-sama “hadir” pada momen Hari Ibu untuk menyampaikan pentingnya peran Ibu dan perempuan. Dari kubu petahana misalnya, terlihat dari kanal baik pemberitaan maupun percakapan yang menyorot tentang Jokowi yang memberikan selamat Hari Ibu. Sedangkan dari kubu oposisi, yakni Prabowo, tampak dari twit di kanal percakapan yang mengungkapkan jasa ibu.

Dari peta hestek, juga dapat dilihat di mana hestek-hestek  (#01IndonesiaMaju, #01JokowiLagi, #2019PrabowoSandi, #JokowiLagi. #2019GantiPresiden) yang kerap digunakan baik oleh kubu petahana maupun oposisi juga muncul pada momen Hari Ibu. Ini memperkuat poin kedua tadi bahwa Hari Ibu juga menjadi momen yang penting bagi kedua belah pihak untuk menampilkan/menghadirkan diri.

Ketiga, dari most retweet, kita dapat lihat justru percakapan tentang Hari Ibu, cara penyampaian (pengungkapan) dengan bahasa-bahasa yang santai, kadang terdengar lucu, tapi sarat memori (kenangan) atas kasih sayang seorang Ibu lebih digemari (diterima) ketimbang cara pengungkapan yang kaku, formal, atau bahkan kadang terdengar terlalu serius atau “dipaksakan” serius seperti beberapa twit yang ada. Dari top five dari daftar most retweet, kita dapat lihat yang paling menonjol atau kerap ditwit ulang adalah akun-akun yang menyampaikan peringatan/momen Hari Ibu dengan cara santai, kadang lucu dan sarat kenangan akan kasih Ibu ketimbang bahasa-bahasa pengungkapan yang kaku dan formil. Dengan kata lain, cara pengungkapan ‘bahasa anak muda’ lebih banyak digemari—seperti terlihat dari akun-akunnya, dan cara-cara seperti ini memang berasal dari akun-akun kalangan anak muda.

CLOSING

Dalam tahun politik seperti sekarang, momen-momen perayaan, salah satunya seperti momen Hari Ibu, juga adalah penting bagi kedua belah kubu yang tengah bertarung untuk menampilkan atau menghadirkan diri dalam momen tersebut. Namun, kedua belah kubu tentu harus memperhatikan pilihan strategi artikulasi yang akan digunakan. Apalagi, dalam konteks, di mana kedua belah pihak tampaknya kini juga tengah saling berkontestasi merebut hati pemilih kalangan anak muda (millennial). Tentu, pengungkapan yang tepat untuk menghadirkan diri dalam momen-momen penting harus disusun dengan baik. Tidak mesti harus serius dan formil, pastinya. Cara bercanda namun sarat “sentuhan” bsa digunakan dan bisa lebih digemari—seperti halnya cara pengungkapan pada momen Hari Ibu yang dilakukan oleh sejumlah anak-anak muda dimana pengungkapan seperti ini memiliki daya tarik cukup menonjol ketimbang twit-twit yang lain.