KHILAFAH DAN PARADE TAUHID: AKSI MASA 212 DI JAKARTA DAN KONTRA NARASINYA
Oleh: Ismail Fahmi
Banyak yang meminta saya menganalisis berbagai isu terkini. Karena keterbatasan waktu, saya bagi 2 isunya: Isu Jakarta & Isu Papua. Saya mulai dengan isu Jakarta, wabil khusus tentang aksi masa 212 hari ini yang mengangkat berbagai tagar, yang kontra narasinya terkait khilafah.
TREN DAN VOLUME
Ada 2 jenis tagar yang trending hari ini terkait #OTWParadeTauhid (dan teman2nya) dan kontranya #212CariMuka. Karena tagar ini sesaat, saya tambahkan konteks yang lebih luas: khilafah. Data dari 26-28 Septemmber. Grafik tren memperlihatkan naik turunnya ketiga isu.
Volume percakapan ini diambil sampai jam 2 siang. Tampak percakapan tentang "khilafah" tetap tinggi. Meski hari ini kalah dengan tagar-tagar Parade Tauhid. Kontra narasinya masih kecil saat data dibuat.
SNA
Peta SNA dari semua isu memperlihatkan ada 3 cluster besar. Cluster Oposisi, Pro Khilafah, dan Anti-Khilafah. Tampak dua cluster pertama saling berdekatan dan berbagi follower dalam mengangkat tagar-tagar Parade Tauhid. Cluster Anti-Khilafah tampak tidak terlalu padat anggotanya.
Kedua cluster yang pro dengan Parade Tauhid kita zoom. Bisa dililhat akun-akun dari tokoh, top influencers, dan buzzer. Keduanya disatukan oleh tagar-tagar Parade Tauhid (orange).
Cluster yang Anti-khilafah banyak mengangkat isu 'khilafah' (biru). Ada beberapa akun di pinggiran yang mengangkat tagar kontra aksi. Dari top influencers cluster ini, tampak kebanyakan dari kalangan Pro Pemerintah.
Kalau kita bedah khusus untuk isu "khilafah", tampak ada 3 cluster yang terpisah cukup jelas. Cluster anti khilafah dari akun-akun pro pemerintah, cluster Oposisi, dan cluster yang pro khilafah (sebelumnya dari kalangan HTI). Tampak oposisi dan pro khilafah sebenarnya terpisah.
TOP INFLUENCER KHILAFAH
Top influencer isu "khilafah" terdiri dari akun-akun Oposisi, Pro Pemerintah, dan Pro Khilafah. Jadi mereka selalu "bertarung" dengan isu ini.
TOP TWIT KHILAFAH
Ini narasi tentang khilafah yang paling banyak di-retweet. Silakan dibaca di tabel berikut.
TOP MEME KHILAFAH
Top meme yang paling banyak di-share di Twitter tentang "khilafah". Bisa dilihat apa memenya, dan siapa yang membuat. Diisi oleh semua cluster.
Top meme tentang Khilafah di Instagram tampak kebanyakan dibuat oleh mereka yang pro khilafah.
INTERAKSI PERCAKAPAN KHILAFAH
Apakah percakapan tentang khilafah ini banyak dibuat oleh bot? Dari pola interaction di Twitter, dengan interaction rate 4.09, sebenarnya cukup untuk menunjukkan bahwa percakapan mereka relatif natural. Human lebih banyak mendominasi.
TAGAR PARADE TAUHID
Sekarang kita lihat tagar-tagar Parade Tauhid. Seperti biasa, khas kampanye oleh cluster pro khilafah adalah dengan membuat banyak tagar sekaligus. Minimal 3. Ada IslamSelamatkanNegeri, ParadeTauhid, SatuKomandoRevolusi, Mujahid212SelamatkanNKRI, dll.
TOP INFLUENCER PARADE TAUHID
Top influencer dari Parade Tauhid bisa dilihat di bawah. Kebanyakan dari akun-akun dalam cluster Pro Khilafah. Hampir tiadanya akun dari pro pemerintah, menandakan tagar-tagar ini murni narasi dari cluster pro khilafah.
TOP TWIT PARADE TAUHID
Berikut ini narasi terkait Parade Tauhid. Mereka menggunakan pesan terkait demo mahasiswa sebalumnya untuk membangun relasi. Juga kejadian Wamena dibahas dengan menmbahkan tagar tersebut.
TOP MEME PARADE TAUHID
Top meme di Twitter tentang Parade Tauhid sebagian besar bernuansa khilafah. Dan dibuat oleh cluster pro khilafah.
Dan di Instagram, top meme tentang Parade Khilafah juga punya nuansa tentang 'khilafah', dan mirip dengan yang di Twitter. Hal ini menunjukkan penyebaran informasi banyak dilakukan di kanal selain Twitter juga.
INTERAKSI PERCAKAPAN PARADE TAUHID
Pola interaksi percakapan tagar-tagar Parade Tauhid memperlihatkan anomali. Mulai pukul 12 siang, proporsi "mention" terlalu tinggi, hampir sama dengan "retweet." Ini karena cuitan kurang mendapat respons. Interaction rate-nya rendah (2.76), kemungkinan ada cuitan oleh non-human.
212CARIMUKA
Sekarang kita lihat percakapan tentang tagar 212CariMuka. Top influencer-nya adalah @PakatDayak, @HENY__M__, @Dwiyana_DKM, @andriianagrande, dan akun-akun pro Pemerintah. D banding teman-temannya, engagement yang didapat @PakatDayak sangat tinggi.
TOP TWIT 212CARIMUKA
Dari top twit diketahui ternyata tingginya interaksi @PakatDayak karena adanya GiveAway. Akun @HENY__M__ meski mencuitkan tagar ini, namun dia pro-aksi Parade Tauhid. Selebihnya bisa dilihat dari twit-twit berikut.
TOP MEME 212CARIMUKA
Top meme di Twitter yang menggunakan tagar 212CariMuka sebagian besar dibuat dan didesain dengan bagus. Sebagian besar berisi kritikan atas aksi Parade Tauhid, yang sering dihubungkan dengan isu "khilafah".
Di IG, tagar 212CariMuka hanya ada 2 postingan saat data dibuat. Menandakan percakapan ini hanya terjadi di Twitter.
INTERACTION RATE 212CARIMUKA
Interaction rate tagar 212CariMuka lebih rendah (3.19) dibandingkan dengan percakapan tentang "khilafah". Secara umum masih didominasi oleh human, meski ada indikasi banyak twit dikirim tanpa respons (jika semakin tinggi, kemungkinan bot bermain makin besar).
CLOSING
Isu di Jakarta terkait isu khilafah dan aksi Parade Tauhid. Aksi ini melibatkan mereka yang pro khilafah dan oposisi. Besarnya cluster pro pemerintah menandakan tingginya perhatian pemerintah atas isu khilafah ini. Top buzzer banyak diturunkan untuk mengamplifikasi.