Oleh: Windo W, Eko Ardianto, Eko H. Wibowo, dan Gigih B. Hartaji.

Berikut hasil live report DE sebelum dan saat debat capres 17 Febuari 2019 kemarin. Report dibagi dua yakni menjelang debat dan saat debat. Beberapa kontainer sudah DE buat di antaranya kontainer untuk masing-masing capres dari kedua kubu (01 dan 02) dan isu-isu yang menjadi tema dari debat capres yakni infrastruktur, energi dan pangan, serta lingkungan hidup.  

  1. Menjelang Debat (1 Febuari s.d. 17 Februari 2019 (17.00 WIB)

Sebelum debat, DE memantau popularitas dan favorability dari masing-masing capres (Jokowi Widodo/JKW dan Prabowo Subianto/PS) yang akan berdebat pada Minggu malam, pukul 20.00 WIB, 17 Februari 2019. Penarikan data diambil dari periode 1 Febuari hingga 17 Febuari (sampai jam 17.00 WIB) untuk kanal media online dan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube).

  • Popularitas dan Favorability Menjelang Debat (1 Febuari s.d. 17 Februari 2019 (17.00 WIB)

Hasilnya, dari segi volume penyebutan (mentions) atau popularitas, Capres 01 lebih unggul, lebih sering dipercakapkan dan diberitakan. Sedangkan dari segi sentimen (favorability), perbandingan antara sentimen positif dan negatif antara kedua capres dari total penyebutan yang muncul hampir sama.

  • Top Five Influencer Menjelang Debat (1 Febuari s.d. 17 Februari 2019 (17.00 WIB)

Dalam percakapan tentang masing-masing capres dari periode pemantauan 1 Februari hingga 17 Februari (hingga pukul 17.00 WIB), untuk percakapan tentang capres 01, selain diwarnai oleh para pendukung (@maspiyuu), juga oleh oposisi (pendukung 02) (@Ferdinand-Haen) dan media online (@detikcom).

Sementara untuk percakapan tentang Capres 02, dari top five influencer hampir semuanya merupakan dari pendukung 02.

  • Top Tagar Menjelang Debat (1 Febuari s.d. 17 Februari 2019 (17.00 WIB)

Dalam percakapan tentang Jokowi (di Twitter), hestek yang muncul dominan diwarnai oleh tagar yang mempromosikan dukungan pada Jokowi (JokowiOrangnyaBaik, 01IndonesiaMaju, 01JokowiLagi). Muncul juga hestek yang menyerang, namun tidak banyak (seperti UninstallJokow.).

Sedangkan pada perbincangan tentang Prabowo, seperti halnya pada perbincangan terkait Jokowi, hestek yang dominan mewarnai adalah hestek yang mempromosikan Prabowo (NewEraPrabowoSandi, 2019PrabowoPresidenRI, InstalPrabowo) sekaligus menyerang Jokowi (seperti UninstallJokowi).

Bila dilihat dari hari debat, 17 Februari 2019, menjelang debat pada pukul 20.00 WIB, selama satu hari pemantauan hingga 19.00 WIB, tagar yang dominan mewarnai percakapan tentang Jokowi yakni #DebatPintarJokowi dan #JokowiOrangnyaBaik. #DebatPintarJokowi ini muncul dominan sebelum debat dan cukup menonjol.

Sementara pada percakapan tentang Prabowo, menjelang debat pada pukul 20.00 WIB, selama satu hari pemantauan hingga 19.00 WIB, tagar yang dominan mewarnai percakapan tentang Prabowo yakni NewEraPrabowoSandi.

Kedua pendukung tampak sama-sama mempromosikan jagoannya di media sosial melalui tagar.

2. Saat Debat Capres (20.00-22.10 WIB).

  • Top Opinion Saat Debat (Segmen Pertama hingga Ketiga)

Apa saja top opinion untuk percakapan tentang masing-masing capres dari isu-isu yang diperdebatkan di Debat Capres 17 Februari.

DE memantau hal ini. Daftar top opinion ini diambil dari top five most retweet di masing-masing projek yang sudah DE buat sebelumnya. Dari top opinion, selain dari para pendukung kedua masing capres, muncul juga user-user yang justru bukan dari masing-masing pendukung (seperti @GreenPeaceID dan @Andrewicaksono). Mereka ikut mewarnai percakapan tentang kedua capres terkait isu-isu yang diperdebatkan dalam Debat Capres 17 Februari. Di bawah berikut top opinion (user dan statusnyanya) untuk isu yang yang menjadi tema debat.  

  • Top Opinion, Top Influencer dan Top Meme Saat Debat (Segmen Keempat)

Dari daftar top five opinion dan inflencer yang terpantau oleh DE, kondisi yang sama juga terjadi pada segmen berikutnya keempat. Setelah segmen keempat berakhir, DE memantau lagi apakah ada perubahan dalam percakapan tentang kedua masing-masing dari segi top opinion yang muncul dan top influencer-nya. Dari data yang tertangkap, memperlihatkan yang mewarnai percakapan tidak hanya dari masing-masing user yang berafiliasi mendukung masing-masing capres, melainkan juga user yang tidak berafiliasi kepada kedua kubu.

Mereka menghadirkan data-data dan status-status yang mengkritisi pendapat dari masing-masing capres. Dengan kata lain, mereka hadir untuk menghadirkan perbandingan antara kata (yang diucapkan oleh capres saat debat) dengan data yang mereka punya seperti yang dilakukan oleh @GreenPeaceID.  Ini menarik dari segi peta percakapan, yang sebelumnya agak berbeda dibandingkan dengan peta percakapan pada debat capres pertama (17 Januari 2019).

Menarik bila melihat meme yang muncul selama debat. Ternyata, juga muncul berbagai meme yang langsung diproduksi dan di-share baik untuk mempromosikan dari masing-masing capres maupun yang bersifat "meledek". Berikut daftar meme yang muncul untuk masing-masing percakapan baik untuk percakapan tentang Jokowi maupun Prabowo.

Setelah debat berakhir (22.10 WIB), DE memantau kembali, khususnya terkait influencer dari masing-masing percakapan tentang kedua capres selama debat berlansung.

Hasilnya, untuk percakapan Jokowi, selain dari para pendukung, influencer paling dominan yakni @GreenpeaceID. Agak berbeda dengan percakapan tentang Prabowo yang dominan diwarnai oleh para pendukung.

Bagaimanakah sentimen, pola interaksi, intensitas serangan dan promosi yang dilakukan oleh kedua kubu saat dan pasca debat kemarin? DE akan memberikan laporannya dan akan disajikan di pers.droneemprit.id