Oleh: Ismail Fahmi
Bagaimana persiapan sehari menjelang:
- kampanye 02 di GBK 7 April
- kampanye 01 di GBK 13 April
Mari kita lihat data tangkapan Drone Emprit khusus untuk tanggal 6 dan 12 April 2019.
TREN 'GBK' 5-12 APRIL 2019
Dari keseluruhan tren untuk kata kunci yang sama tentang GBK mulai tanggal 5 s.d. 12 April, kita lihat bagaimana tren menjelang hari-H dari masing-masing paslon. Dari Twitter saja:
- 6 April: 56k mention
- 12 April: 36k mention

TREN H-1
Lebih detail kita lihat tren pada H-1 dari kedua kampanye GBK. Di semua kanal kecuali Twitter dan YouTube, mention lebih tinggi pada tanggal 12 April dibanding 6 April. Total semua kanal:
- 6 April: 58k mention
- 12 April: 38k mention

INTERACTION RATE
Tingkat interaksi warganet di Twitter menjelang hari-H:
- 6 April: 18.69
- 12 April: 2.11
Tampak menjelang kampanye pada 6 April di GBK, interaksi warganet di media sosial jauh lebih tinggi dibanding persiapan pada tanggal 12 April.

SNA "GBK" (6 APRIL 2019)
Peta SNA ini untuk melihat keriuhan warganet pada tanggal 6 April tentang GBK. Tampak hanya ada satu cluster besar dari pendukung 02.

SNA "GBK" (12 APRIL 2019)
Untuk peta SNA tanggal 12 April, tampak ada dua clusters:
- terbesar dari pendukung 01
- cluster lebih kecil dari pendukung 02
Tidak tampak adanya kontribusi "give away" untuk persiapan 12 April ini.

TOP 5 INFLUENCER "GBK"
6 April:
- 5 dari 5 influencer dari 02
- engagement: 1747 - 3017
12 April:
- 4 dari 5 top influencer dari 01, sisanya dari 02
- engagement: 849-1038
Tampak engagement yang didapat top influencers kampanye kedua lebih sedikit dari yang pertama.

TOP TWIT H-1
Berikut ini contoh top 5 twit dari kedua persiapan kampanye akbar di GBK tanggal 6 dan 12 April 2019.

TOP MEME/FOTO H-1
Tampak perbedaan gaya meme dan foto yang di-share pada persiapan menjelang kampanye di GBK.
6 April: - 8 dari 10 gambar suasana warganet dan calon peserta
12 April: - 7 dari 10 gambar berupa meme atau ilustrasi

TOP HASHTAGS H-1
6 April:
- #putihkanGBK, #PutihkanJakarta, #2019GantiPresiden, #AkalSehatPutihkanGBK
12 April:
- #YukGembiraBarengJokowi, #MulaiPutihkanGBK, #BarengJokowi dan #IndonesiaMaju

TREN TAGAR KAMPANYE "GBK" 01 DAN 02
Bagaimana performa tagar-tagar mereka?
Tagar 01: - #KonserPutihBerSATU, #MulaiPutihkanGBK, #JokowiPutihkanGBK Kampanye 02: - #PutihkanGBK, #PutihkanJakarta, #AkalSehatPutihkanGBK, #TheGreatCampaignOfPrabowo

CLOSING
Demikian suasanya menjelang kampanye akbar Putihkan GBK dari kedua capres. Semoga kampanye pada hari ini membawa kegembiraan, aman dan lancar.