Oleh Ismail Fahmi

Tadi melihat tagar ini. Saya pikir ada apa, gitu. Dulu Nadiem atau sering dipanggil dengan Mas Menteri, ketika pertama diangkat, berhasil menaikkan harapan perubahan bagi pendidikan di Indonesia. Semoga berhasil.  Nah, ada apa dengan tagar ini?

HASHTAGS  Setidaknya ada 2 tagar yang muncul bersamaan. Yang satunya adalah #NadiemManaMahasiswaMerana.

SNA #MendikbudDicariMahasiswa  
Saya langsung lihat grafik SNA di Drone Emprit. Ingin tahu dari cluster mana tagar ini muncul. Ternyata ada sebuah cluster, yang saya tak pernah lihat nama2 top influencers ini sebelumnya: @errzk, @firzan_gifari, @teguhsujarwadii, @23_SYAIFULLOH.

SNA (ZOOM)  
Kalau dizoom, tampak ada @BEM_Unsoed dan @BEMUNJ_OFFICIAL. Tampaknya ini cluster mahasiswa. Bukan cluster yang selama ini sering muncul dalam isu-isu politik (buzzer pro-kontra pemerintah).

TOP INFLUENCERS  
1. @desiarmydi 3,214
2. @aliansibem_si 2,858
3. @errzk 2,647
4. @ramadoniherman 1,514
5. @AnangHabibie 866
6. @AisyahNZ5 842
7. @firzan_gifari 776
8. @laamilaaa 542
9. @teguhsujarwadii 487
10. @23_SYAIFULLOH 365.

APA YANG MEREKA TUNTUT?  
Top 5 narasi:  
@desiarmydi - UKT mahal, padahal kuliah daring
@errzk - minta kebijakan, ortu diphk
@aliansibem_si - ajakan aksi media di Twitter
@ramadoniherman - dulu berharap kpd Nadiem, sekarang kecewa
@AnangHabibie - subsidi hanya kuota & telat.

Top narasi (6-10)  
@AisyahNZ5 - meme #MendikbudDicariMahasiswa
@firzan_gifari - minta potongan UKT
@aliansibem_si - kuliah rebahan, UKT jalan
@laamilaaa - thread meme narasi gerakan
@teguhsujarwadii - menunggu respons Nadiem.

MOST SHARED IMAGES  
Gambar-gambar yang paling banyak dishare berupa meme2 seragam yang sudah disiapkan oleh BEM.  
Dengan meme ini, pesan mereka jadi lebih mudah dipahami, dibandingkan kalau masing-masing bikin sendiri2.

TOP HASHTAGS  
Hanya ada 2 hashtags besar yang diangkat:
#MendikbudDicariMahasiswa dan
#NadiemManaMahasiswaMerana.  
Dua hashtags ini trending di Twitter cukup lama. Ternyata kekuatan mahasiswa kalau bersatu bisa "lantang" suaranya di media sosial.

DEMOGRAPHY  
Paling banyak yang turun aksi adalah mereka dalam rentang usia 19 sd 29 tahun. Ini adalah usia mereka sedang mahasiswa. Tapi cukup banyak juga yang < 18 tahun.

EMOTION ANALYSIS  
Ekspresi emosi yang paling dominan adalah "anticipation" yang biasanya berupa harapan dan antisipasi masa depan.   Mahasiswa berharap agar ada perubahan kebijakan dari Mas Menteri terkait pembayaran UKT.

BOT ANALYSIS  
Sebanyak 61% memiliki score 0-1 (human), 19% score 1-2. Dan bot score total 1.7. Menandakan percakapan ini dilakukan secara natural oleh akun human.

AVATAR TOP INFLUENCERS  
Ini harusnya ditampilkan di atas setelah tabel top influencers tentang #MendikbudDicariMahasiswa. Avatar mereka tampaknya memang rata-rata masih wajah-wajah usia mahasiswa. Sptnya ava pribadi, bukan ava K-poppers.

Para mahasiswa ini menyampaikan aspirasinya melalui aksi media sosial. Menggunakan tagar dan meme. Juga pesan-pesan. Tentang biaya UKT (uang kuliah) yang tidak berubah, sementara mereka kuliah daring, materi kadang lbh sulit dipahami, biaya pulsa mahal, dan ortu ada yg diphk.

MEDIA ONLINE  
Rupanya aksi di media sosial ini tidak bertepuk sebelah tangan. Setidaknya suara mereka sudah ditangkap oleh media mainstream, seperti @kompascom, @KontanNews, @idntimes, @tribunnews, @detikcom, @CNNIndonesia, @geloraco, dll.

CLOSING  
Covid19 telah mengubah gaya aksi mahasiswa. Dari berkumpul, menjadi online. Melalui media sosial. Ini telah menarik perhatian media. Tinggal nunggu response dr pihak yang dituju (Mendikbud).   Jika berbuah, maka aksi online ini bisa jadi model aksi yang efektif ke depan.

TAMBAHAN..  
Dari mana mahasiswa ini mentuit? Kita lihat peta sebaran jumlah cuitan menurut profile lokasi user.

KOTA PALING AKTIF  
Asal kota user yang paling tinggi adalah dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

PROPINSI PALING AKTIF  
Meski Jakarta yang paling aktif untuk #MendikbudDicariMahasiswa, namun propinsi yang paling aktif adalah Jawa Barat, baru DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, dan Sumatra Utara.

TIMELINE ISU  
Analisis isu berdasarkan waktu berikut memberi insight:  2 juni: menuntut pembebasan, atau penundaan UKT 3 juni: dukungan kepada guru honorer.

SNA: DIALEKTIKA TAGAR  
Cluster mahasiswa yang mengangkat dua tagar #MendikbudDicariMahasiwa dan #NadiemManaMahahasiswaMerana (@mahasiswaYUJIEM, @aliansibem_si, dkk) dijawab oleh cluster pendukung Mas Mentri dengan tagar #NadiemMendengar (@kochenggg_oren, @PejuangHashtagg, dkk).

BOT SCORE  
Untuk tagar #NadiemMendengar, bot scorenya ndak terlalu bagus, hanya 2.1 (warna kuning). Artinya, kemungkinan ada keterlibatan akun2 yg perilakukan mirip bot. Misal hanya meretweet saja, atau mentwit isi pesan yang sama.

TOP INFLUENCER #NadiemMendengar
1. @kochenggg_oren 773 retweets
2. @ranagaling 593
3. @chocobanana78 361
4. @selalubaikbaik 197
5. @AnjaniSekarjati 188
6. @AfifFahzaNM 187
7. @hambasantuuyy 134
8. @viralsocmed_ 125
9. @PejuangHashtagg 120
10. @keekeewww 119.

MOST RETWEETED  
Untuk mengkampanyekan #NadiemMendengar, ini daftar most retweetnya. Ternyata cukup banyak berupa pesan Give Away, senilai 50K untuk 2 pemenang. Misal oleh akun @kochenggg_oren, end jam 15:00, 15:15.