Entah sudah berapa korban yang tertipu oleh ratusan akun dengan logo @BNICustomerCare. Pengguna panik yang mengirim komplain ke BNI via Twitter, akan langsung diarahkan ke nomor WA tertentu.  
Analisis Drone Emprit >>

KONTEKS  
Saat ini sangat masif cuitan dari akun yang mengaku dari CustomerCareBNI, yang membuntuti setiap komplain dari pengguna di Twitter, dengan mengarahkan pengguna yang panik ke nomor WA penipu. Dan sejauh ini belum ada tindakan apapun (yang berarti) untuk mengatasinya.

TREN AKTIVITAS PENIPU  
Drone Emprit hanya menggunakan Keywords "BNI LiveChat" yang biasanya muncul dalam cuitan akun penipu. Kemungkinan ada cuitan dg keyword lain.  
Dari keyword ini saja terdapat setidaknya 1133 cuitan dalam seminggu. Tidak pernah berhenti sehari pun.

TIPE ENGAGEMENT: DOMINAN REPLY  
Paling sering akun2 penipu ini mereply postingan dari pengguna yang komplain (66%). Artinya, memang ada program bot dari para penipu ini yang otomatis mengawasi, mereply, dan mengarahkan pengguna ke nomor chat WA penipu.

TOP 5 AKUN PENIPU  
Dalam seminggu terakhir, ini 5 akun penipu yang paling aktif, paling sering mengirim reply ke pengguna. Kalau dilihat dari akunnya, semua menggunakan nama "BNICustomerCare" dan username dengan angkat random di belakangnya.

TOP 75 AKUN PENIPU  
Ini daftar akun yang paling aktif dari 1 sd 75. Semua menggunakan logo BNI. Yang tidak menggunakan logo kemungkinan user biasa.

AKUN PALING AKTIF (99-113)  
Saking banyaknya, saya tampilkan akun2 terakhir. Total ada 113 akun yang sebagian besar penipu. Semua menggunakan nama "BNICustomerCare" dengan logo BNI. Yang tidak demikian biasanya user biasa.  Kebanyakan akun tidak punya follower dan following.

AVATAR AKUN MEMENTION “BNI LIVECHAT”  
Lihat avatar yang mereka pakai, semuanya sama menggunakan logo BNI dengan tambahan centang biru untuk mengelabuhi pengguna.

JUMLAH FOLLOWER 0  
Hampir semua user yang memention "BNI LiveChat" dalam analisis DE followernya 0 (atau antara 0-3).

JEJARING AKUN PENIPU  
Peta SNA ini memperlihatkan betapa masifnya akun-akun penipu tersebut mengawasi dan mengerubungi pengguna yang panik dan lalai. Semua dikirimi reply untuk menghubungi nomor WA penipu.  
Berapa banyak yang tertipu? Apakah semua sadar mereka disergap penipu?

EGO NETWORK SALAH SATU PENIPU  
Contoh salah satu penipu yg paling aktif @BNICust90095416. Ego network (network yang berpusat pada dirinya) memperlihatkan akun-akun korban di sekitarnya.   Akun user dg node besar (misal @GuritaWoe) artinya dia punya link banyak dengan node lain.

SNA: SATU USER DISERBU 8 PENIPU  
User @GuritaWoe ini ternyata diserbu oleh 8 akun penipu yang sama-sama berkedok BNICustomerCare.   Gila ndak?

SNA: SATU USER DISERBU 6 PENIPU  
Ini contoh user lain, @bagaas_hermawan, yang diserbu oleh 6 akun penipu.

EGO NETWORK SALAH SATU PENIPU /1  
Salah satu penipu @bagaas_hermawan adalah @BNICust15609704. Ternyata juga menghubungi setidaknya 45 akun lainnya.

EGO NETWORK SALAH SATU PENIPU /2  
Penipu @bagaas_hermawan lainnya, akun @PTBankN50029107, juga menghubungi banyak akun lain.

MUDAHNYA JADI PENIPU  
Selama ini saya lihat belum ada tindakan atau solusi. Mungkin memang tak berdaya menghadapi akun2 bot seperti ini.  Jika hanya dengan modal bot dan banyak orang yang menghubungi nomor WA penipu dan tertipu,  betapa mudahnya jadi penipu digital di Indonesia.

SARAN BUAT BNI  
Ini sedikit saran dari Drone Emprit buat @BNICustomerCare untuk menyelamatkan nasabahnya. Intinya: beri peringatan kepada nasabah kemungkinan adanya penipuan.  Jadi begini:

1. Bikin bot yang mendeteksi kemunculan reply dari akun penipu; gunakan pola yang sering mereka gunakan, dan terus diperbarui, misal adanya keyword “BNI LiveChat”.

2. Setiap ada reply dengan keyword di atas dan bukan dari akun resmi @BNICustomerCare, otomatis reply postingan tersebut dengan peringatan kepada publik.

Misal bikin akun official @BNICustomerBot. -- Sender: @BNICustomerBot (Official Bot BNI) Pesan: Perhatian, pesan di atas ini kemungkinan dari penipu, tidak dikirim oleh Customer Care resmi BNI. Jangan diikuti permintaannya.  ~ BNI

Dengan solusi simple ini, diharapkan nasabah yang kemungkinan akan tertipu, langsung saat itu juga mendapat peringatan dari Bot BNI, sehingga nasabah cepat sadar.  Tentu bot ini harus cerdas mendeteksi. Yg di atas itu contoh saja.

BCA, MANDIRI, DAN BANK-BANK LAIN?  
Drone Emprit memberi contoh satu bank saja. Kalau ingin tahu bagaimana dengan bank lain, bisa aja dibuat analisisnya.  Cuma ini tujuannya untuk membangun kesadaran betapa penipuan digital kita sangat marak dan belum ada solusi yg efektif.

Link: https://twitter.com/ismailfahmi/status/1370326404269674496