Perang Robot Kubu 01 vs 02: #VisiMisiJokowiMenang vs #HaramPilihPemimpinIngkarJanji

Oleh: Ismail Fahmi

Kemarin di Twitter sedang ramai perang tagar. Di trending topic Twitter, tagar #VisiMisiJokowiMenang dikepung oleh tagar-tagar terkait dengan #HaramPilihPemimpinIngkarJanji. Drone Emprit diminta salah satu influencer dari 01 untuk menganalisis perang ini. Ini hasilnya.

TAGAR #HaramPilihPemimpinIngkarJanji

Tagar ini sering muncul bersama tagar lain seperti #UdahKhilafahAja, #HaramPilihPemimpinDzalim, #YgDzalimTinggalinAja, #TerbuktiDustaJadiPetaka, dst. Ketika dilihat lebih dalam, tagar-tagar ini dibuat oleh akun-akun yang terkait dengan HTI, dan turut diramaikan oleh sebagian influencer dari kubu 02.

Interaction rate-nya rendah sekali, hanya 1.62. Banyak twit yang tidak mendapat retweet/reply. Ini ciri kampanye yang menggunakan robot. Kebanyakan robot yang digunakan memiliki follower sedikit.

TAGAR #VisiMisiJokowiMenang

Tagar ini dibuat oleh kubu 01. Dibandingkan dengan tagar sebelumnya, tagar #VisiMisiJokowiMenang interaction rate-nya lebih rendah lagi, yaitu hanya 0.76. Jauh lebih banyak twit yg tidak mendapat retweet/reply.

Penggunaan robot jauh lebih masif dibanding rivalnya di atas. Namun robotnya lebih canggih, tidak lagi memiliki follower yang sedikit, namun kebanyakan memiliki follower di atas 100. Sehingga jika hanya melihat profil follower, tidak tampak kalau ada robot. DE tetap bisa melihat adanya robot dari gambaran profil tipe engagement dan engagement rate.

SNA TAGAR GABUNGAN

Ada yang mengira bahwa kedua kampanye dibuat oleh kubu 01. Namun dari peta SNA gabungan kedua tagar, tampak bahwa kedua kampanye dibuat oleh dua kubu yang berbeda. Polarisasinya cukup kuat, dan tidak ada irisan followers yang signifikan dari kedua tagar.

KESIMPULAN

Dalam perang tagar ini, kubu 01 menggunakan lebih banyak robot dalam twitnya dibanding kubu 02 yang dibantu HTI. Pola kerja robot dari kedua kubu sama-sama lebih banyak menggunakan twit baru atau mention, dalam mengirim pesan singkat yang disisipi dengan tagar. Twit-twit tersebut tidak mendapat interaksi, alias sedikit retweet atau reply.