Oleh: Windo W

Drone Emprit (DE) sudah membuat projek terkait masing-masing paslon (01 dan 02) yang tengah berlaga di kompetisi Pemilihan Presiden (Pilres) 2019. DE kali ini ingin mengetahui bagaimana masing-masing paslon ini di kanal pemberitaan (media online).

Untuk memperoleh data yang akan dianalisis, DE menarik data melalui kata kunci yang menggunakan nama dari masing-masing paslon dengan berbagai variasinya yang biasa digunakan untuk merujuk kepada masing-masing nama paslon (01 dan 02). Pemantauan dilakukan di kanal media online dalam rentang waktu seminggu terakhir, 16 hingga 23 Maret 2019.

PERBANDINGAN VOLUME DAN TREN PEMBERITAAN PASLON 01 DAN 02

Dalam pemantauan seminggu terakhir, paslon 01 (JKW-MA) lebih unggul dari paslon 02 (PS-SA) dari sisi jumlah dan tingkat menonjol dalam pemberitaan. Perbandingannya 58 % untuk paslon 01 dan 42 % untuk paslon 02. Artinya, dari sisi visibilitas, paslon 01 lebih unggul ketimbang kompetitornya.

Bagaimana dengan tren seminggu terakhir terkait pemberitaan kedua paslon?

Dari grafik tren, kedua paslon sempat berada di atas paslon yang lain. Pada 17 dan 18 Maret, paslon 02 sempat lebih unggul dan banyak muncul di pemberitaan ketimbang pemberitaan terkait paslon 01. Pada hari berikutnya, 19 Maret, pemberitaan terkait paslon 01 dan 02 berada pada titik yang hampir sama.

Setelah tanggal tersebut, 20 sampai 23 Maret, paslon 01 terus naik dan mengungguli jumlah pemberitaan paslon 02. Paslon 02 naik dari sisi jumlah pemberitaan pada tanggal 20-23, namun kenaikan itu tidak signifikan dan masih berada di bawah jumlah pemberitaan paslon 01. Kenaikan pemberitaan paslon 01 pada tiga hari terakhir (20-23 Maret) konsisten dan signifikan, agak berbeda dengan paslon 02.  

PERBANDINGAN SEBARAN PEMBERITAAN PASLON 01 DAN 02

Berdasarkan sebaran media yang memberitakan, mayoritas pemberitaan didominasi oleh media-media mainstream untuk masing-masing paslon, dengan jumlah artikel yang tidak sedikit. Media-media tersebut tersebut seperti merdeka.com, antaranews.com, viva.co.id, detik.com, dll.

Bila dilakukan perbandingan, berdasarkan 10 top media yang paling ramai memberitakan kedua paslon, paslon 01 lebih sering diberitakan (unggul) ketimbang paslon 02.

PETA PEMBERITAAN PASLON 01 DAN 02

Pada pemberitaan tentang paslon 01 dan 02, tema pemberitaan yang muncul beragam. Sebagian besar berkisar soal kampanye, dukungan, dan program. Pada topik pemberitaan masing-masing paslon, selain nama-nama tim kampanye, nama kompetitor mereka juga masuk dalam pemberitaan. Ini menandakan, ada rivalitas agenda antara paslon di media.  

Pada pemberitaan tentang paslon 01, pemberitaan tentang Jokowi sangat dominan ketimbang cawapres 01 yakni MA. Berbeda dengan paslon 02, antara capres 02, Prabowo, dan cawapresnya, Sandi, hampir sama-sama menonjol muncul menjadi topik pemberitaan.

KESIMPULAN

  • Pemberitaan terkait kedua paslon ini sama-sama diwarnai oleh media-media mainstream.
  • Paslon 01 lebih unggul dari sisi visibilitas. Dengan kata lain, paslon 01 lebih sering atau ramai mendapat pemberitaan daripada paslon 02.
  • Tema pemberitaan yang muncul beragam untuk masing-masing paslon. Sebagian besar berkisar soal kampanye, dukungan, dan program.
  • Pada topik pemberitaan masing-masing paslon, selain tim kampanye, nama kompetitor mereka juga muncul dalam pemberitaan.  Ada rivalitas agenda antara paslon di media.  
  • Untuk paslon 01, pemberitaan tentang Jokowi sangat dominan ketimbang MA. Untuk paslon 02, pemberitan tentang Prabowo dan Sandi hampir sama-sama menonjol menjadi topik pemberitaan.