Memenuhi janji kemaren untuk membuat analisis dengan topik pilihan publik, sekarang kita bahas bagaimana publik dan media online melihat (R)APBD dan (R)APBN.  Mana yang lebih penting bagi mereka, dan apa narasinya?  Drone Emprit menggunakan data seminggu terakhir (25 Okt-1 Nov).

Polling kemaren tentang topik apa yang sebaiknya dibahas oleh Drone Emprit memperlihatkan bahwa:  Netijen masih waras, tidak ngeres.

SETTING & TREN  Ada dua project yg dianalisis dan dibandingkan, yaitu APBN (keywords: APBN, RAPBN) dan APBD (keywords: APBD, RAPBD).  Grafik tren memperlihatkan sejak tgl 30 Okt, percakapan ttg APBD naik pesat, dan ttg APBN kurang diminati.

VOLUME  Jelas sekali dari volume percakapan, tentang APBD jauh lebih tinggi (89k) dibandingkan tentang APBN (10k).  Paling tinggi di Twitter, lalu di Online News.

MEDIA SOSIAL vs MEDIA ONLINE  Di media sosial (diwakili Twitter), proporsi percakapan ttg APBN hanya 9%, dan sisanya 91% ttg APBD.  Sedangkan di Media Online, proporsi APBN lebih tinggi yaitu 29%, dan APBD 71%.

Media online menulis berdasarkan fakta di lapangan. Namun bisa juga dipengaruhi oleh percakapan dimedia sosial.  Itu menunjukkan bahwa isu terkait APBN cukup tinggi seperti diberitakan media. Namun publik punya agendanya sendiri, tak terpengaruh oleh media online, yaitu ttg APBD.

SNA (R)APBD  Peta SNA tentang APBD dalam seminggu terakhir memperlihatkan dua cluster besar.   Paling besar adalah cluster yang meng-"KRITIK ANIES", dan satunya "PRO ANIES".  Aku media seperti Tempo, Kompas, Detik lebih dekat ke cluster pertama. Tak banyak media di tengahnya.

Artinya, dalam percakapan tentang APBD, publik tidak banyak menjadikan media sebagai "information arbitrage". Mereka lebih menggunakan narasi yang mereka bangun sendiri.  Dalam kondisi seperti ini, sebaliknya Media yg akan terbawa  dalam arus topik media sosial.

SNA dan NARASI  Saya pilih masing-masing 6 top narasi dari kedua cluster. Bisa dibaca sendiri apa narasi yang mereka bangun, baik dari sisi yang mengkritik atau mendukung Anies.

SNA (R)APBN  Peta Social Network Analysis (SNA) untuk topik APBN terkesan sepi. Hanya ada satu cluster agak besar, yang biasanya cenderung Pro Oposisi, dan seorang top influencer Non Partisan.

Hanya ada satu media yg digunakan oleh cluster Pro Oposisi dlm membahas APBN, yaitu idtodaydotco. Sentimennya lebih negatif (link warna merah).   Media mainstream tidak tampak di sini. Padahal APBN cukup banyak dibahas media. Artinya, pembahasan itu tidak dikonsumsi oleh oposisi.

Konsumsi media online oleh publik diperlihatkan oleh tabel most shared sites di Twitter.  Untuk APBD, yg dominan hanya @CNNIndonesia dan situs apbd @DKIJakarta, sementara @detikcom, @TirtoID, dan @tempodotco  dan situs2 lain sedikit.

Sedangkan konsumsi media untuk APBN berdasarkan tabel most shared sites di Twitter ini sangat kecil.   Paling besar IDtoday, lainnya sangat kecil.

Narasi apa yang diangkat oleh para top influencer tentang APBN, bisa dilihat di peta ini.   Ada yg menarik, akun @psi_id turut membahas APBN. Namun cuitannya sudah dihapus. Meski dihapus, Drone Emprit masih bisa mendapatkan cuitan tsb dari API Twitter.

TOP INFLUENCER (R)APBD  Yang paling banyak engagemennya adalah @willsarana, lalu @ernestprakasa, dan @Aryprasetyo85 dari cluster "KRITIK ANIES".  Dari "PRO ANIES" ada @taufiqrus, dan @topesuspend.  Munculnya kedua cluster di sini, memperlihatkan narasi kedua kubu relatif kuat.

TOP 50 INFLUENCER (R)APBD  Daftar lebih lengkap top influencer tentang APBD ada di tabel ini. Silahkan cek nama anda dan sanak saudara.

TOP 5 INFLUENCER (R)APBN  Pembahasa APBN ini mayoritas top influencernya dari cluster Pro Oposisi.   Ada @ustadtengkuzul, @AlghifAqsa, @idtodaydotco, dan @micheladamaja_2.   Sedangkan @angewwie nomor dua, tapi non partisan.

TOP 50 INFLUENCER (R)APBN  Selengkapnya top influencer ttg APBN bisa dilihat di sini.

TOP TWIT (R)APBD  Narasi besar tentang APBD itu menyoroti @DKIJakarta saja, bukan daerah lain.   Paling besar engagemennya adalah dari @Aryprasetyo85 dengan 3,4k retweet.

TOP TWIT (R)APBN  Narasi tentang APBN yang relevan dan paling besar engagemetnnya adalah dari @ustadtengkuzul yg menyindir kenapa APBN defisit dibiarkan, sementara RAPBD ramai.  Akun @angewwie menyentil soal APBN, tp tidak terlalu relevan.

TOP RETWEETED IMAGES (R)APBD  Image yang banyak dishare mayoritas berisi kritikan kepada @aniesbaswedan. Namun ada juga penjelasan dari @DKIJakarta tentang tahapan penyusunan APBD.

TOP RETWEETED IMAGES (R)APBN  Sedangkan untuk APBN, yang banyak menjadi subyek bahasan berdasarkan shared images ini adalah Menkeu, Sri Mulyani.

TOP HASHTAGS TWITTER (R)APBD  Hashtags tentang APBD banyak menyangkut Mendagri, PSI, Transmart/Bank Mega, Aibon, Ahok, dan Anies.

TOP HASHTAGS TWITTER (R)APBN  Terkait APBN, tak ada hashtags yang signifikan. Artinya, tidak ada kampanya pembangunan opini menyangkut topik (R)APBN.

BOT ANALYSIS  Hasil analisis bot Drone Emprit yg bekerjasama dengan Botometer memperliatkan percakapan tentang APBD (1.63) dan APBN (1.85) keduanya cukup natural. Dilakukan oleh human.

INSTAGRAM (R)APBD  Selain Twitter, Drone Emprit jg memonitor platform lain. Karena keterbatasan waktu jarang dibahas.  Ternyata engagemet IG sangat tinggi, mengalahkan Twitter.   Misal post ttg Aibon dapat 33,9k likes. Klarifikasi dari sahabat.anies dpt 16k likes.

INSTAGRAM (R)APBN  Engagement post di IG tentang APBN juga tinggi. Namun hampir semua masih terkait APBD DKI.

TOP INFLUENCER IG (R)APBD  Ini top 5 influencer di IG terkait APBD. Engagement yang mereka dapatkan sangat tinggi. Akun infia_fact dapat 39k, indonesiavoice_ 35k, sahabat.anies 23k, dst.

TOP INFLUENCER IG (R)APBN  Top influencer di IG untuk APBN juga cukup tinggi engagement yg didapat. Namun masih jauh lebih kecil dibanding tentang APBD.

TOP HASHTAGS IG (R)APBD  Hashtags di IG tentang APBD mayoritas menyinggung soal @aniesbaswedan, @DKIJakarta, Aibon.

TOP HASHTAGS IG (R)APBN  Terkait APBN, hashtagsnya kurang mendapat banyak engagement, kurang signifikan.

MOST LIKED IG IMAGES (R)APBD  IG paling enak dianalisis dari gambar yg paling banyak disukai. Tampak engagemetnnya tinggi sekali. Ttg Aibon dpat 33.9k likes, klarifikasi sahabat.anies 16k, dst.  Media banyak dishare di IG, shg pengaruhnya besar.

MOST LIKED IG IMAGES (R)APBN  Meski topik APBD masih muncul dalam postingan ttg APBN, namun mulai tampak isu APBN yg sebenarnya. Kebanyakan berupa berita, ttg hutang yg akan diambil Menkeu, dan anggaran Prabowo yang terbesar.  Dalam berita politik, IG sgt tergantung dari berita.

Bagaimana dengan YouTube?   Ada banyak video yang diunggah terkait APBD. Kebanyakan dari channel TV seperti milik @KompasTV, @MetroTVNewsRoom, @CNNIndonesia.   Ada juga channel partikelir seperti tagar news, Pak De SinDirAn Show yg dapat view lumayan.

YOUTUBE (R)APBN  Namun tentang APBN, sedikit sekali videonya. Total Drone Emprit hanya dapat 8 video dengan engagement yang rendah.   Dari TV hanya @cnbcindonesia, kebanyakan dari @setkabgoid yg menjelaskan arahan presiden ttg APBN.  Sepertinya publik kurang berminat dengan APBN.

YOUTUBE CHANNEL (R)APBD  Banyak kanal Youtube yg membahas APBD. Paling tinggi view yang didapat adalah @KompasTV. Dan jumlah video yg dipost juga paling banyak.

Sebaliknya tentang APBN, sedikit sekali yang membuat kontennya. Paling tinggi adalah @setkabgoid, namun viewnya juga rendah.

ONLINE NEWS  Daftar total artikel berdasar situs yang dicrawling DE ini memperlihatkan bahwa isu APBD masih lebih populer dibandingkan APBN, meski di kalangan media online.  Situs @detikcom yang paling banyak menulis tentang APBD, sedangkan @liputan6dotcom tentang APBN.

TOPIK BERITA (R)APBD  Topik2 ini otomatis diekstrak dan dihitung jumlah artikel pendukungnya, sehingga otomatis bisa mengetahui topik apa yang paling dominan.  Terkait APBD, ternyata sekarang yg paling dominan bukan Anies, tetapi Wawan. Namun, topik APBD DKI yg paling banyak.

DETAIL TOPIK MEDIA ONLINE (R)APBD  Kalau bisa ngezoom, ini contoh-contoh berita dalam 12 top topic tentang APBD.

TOPIK MEDIA ONLINE (R)APBN  Terkait APBN, topik yang paling dominan adalah tentang BPJS Kesehatan, Sri Mulyani (defisit anggaran), Jokowi (kepada Prabowo), Palu, dll.

DETAIL TOPIK MEDIA ONLINE (R)APBN  Detail dan contoh berita dari top 12 topik tentang APBN bisa dibaca sendiri di sini.

Closing.  Pada dasarnya publik kurang berminat tentang APBD/APBN. Terbukti terkait APBN tak banyak yg bahas.  Namun dg peran influencer dan buzer, yang menjadikan isu trending, akhirnya publik jadi tahu. Apalagi setelah media online, TV, semua turut membahas.

Pembahasan yang awalnya ramai di Twitter, ternyata menjalar ke platform lain. Media online dan TV sudah jelas sangat mendengarkan suara medsos.  Instagram ternyata juga terpengaruh. Bahkan engagemetnnya sangat tinggi. Meski kebanyakan infonya diambil dari screenshot media online.

Pengawasan publik atas kinerja pemerintah baik daerah maupun pusat, terbukti bisa sangat ampuh ketika mereka mengangkat dan meramaikannya di media sosial.  Jika ini dilakukan terhadap semua pemda, dan jg kementerian/lembaga, maka publik bisa turut berpartisipasi dalam kontrol.