Banyak yg nanya saya soal tagar ini. Siapa yang pesan?  Saya tak tahu siapa yg pesan, tetapi kita bisa pelajari bagaimana tagar ini tercipta dari awal lahir hingga besar.   Sekedar publik tahu gimana cara Give Away mengarahkan conversation.

Tren #NetflixTidakAman mulai muncul pukul 15:00 (262 mention), naik pesat pada jam-jam berikutnya, dan puncaknya pukul 18:00 (1,9k mention). Lalu tren turun.  Sepertinya usia tagar ini memang tidak lama. Entah karena disoroti oleh netijen, atau memang direncanakan begitu.

The Genesis of #NetflixTidakAman  

Kita lihat bagaimana tagar ini lahir sejak dari embrio hingga menjadi dewasa.  
- Dimulai oleh @Finnarah (akun GA) pkl 15:00
- Lalu @AktifkanLonceng (akun GA) dan @NuneAudrey (influencer) pkl 16:00
- Terakhir @alineadotid (inf utama) pkl 17:00

Top 5 Influencer #NetflixTidakAman   Banyak diisi oleh akun-akun Give Away, seperti @Finnarah, @AktifkanLonceng, dan @ArrianyKartika.   Akun yg bukan GA adalah @alineadotid dan @NuneAudrey.

Most Shared Images #NetflixTidakAman   Sebenarnya apa yg menjadi pesan utama dari tagar ini?  Bisa kita lihat dari most shared images. Ada 3 infografis/meme berisi quote dari seorang tokoh.

Alasan #NetflixTidakAman   Kalau dilihat dari tiga quote ini, hampir semua berurusan dengan pajak dan Menkeu.   Netflix dan platform sosmed lainnya yang memanfaatkan OTT (over the top), memang nakal ndak mau bayar pajak kalau tidak dipaksa.   Kewajiban ini harus dipenuhi.

Kalau mamang itu alasannya, harusnya tagarnya #NetflixBayarPajakDulu   Kayaknya kalau ini tagarnya, netizen akan ikutan membela.   Tapi kalau tagarnya #NetflixTidakAman, sptnya platform2 yg lain jg banyak yg ndak aman. Pornografi di Twitter, Hoaks di FB yg bikin Trump menang, dll

Jejak Digital Langsung Dihapus  Ini hal normal yg dilakukan GA atau coordinated activity. Setelah tagar muncul jadi trending di Twitter, lalu postingan mereka yang mendapat banyak RT akan dihapus.  Contoh dari @nuneaudrey ini yg sdh tidak ditemukan cuitannya. Tapi masih ada di DE.

Untuk mendapatkan konteks dari tagar #NetflixTidakAman ini, saya sertakan top 17 most retweeted status.   Silahkan dibaca, dilihat bagaimana GA bekerja, gimana influencer menyampaikan pesannya, dan juga response dari netizen.

Closing  

Penggunaan Give Away kayaknya semakin marak. Bisnis ini sepertinya lumayan. Mungkin karena murah, mudah, dan cepat bisa bikin Trending di Twitter.  Anda berminat?