Oleh: Ismail Fahmi

Kamis kemarin, tampaknya ada beberapa peristiwa yang cukup menjadi trigger dalam percakapan di media sosial dan online.

Bagaimana peta percakapan tentang kedua capres menurut tangkapan Drone Emprit?

TREN CAPRES 1-11 APRIL 2019

Kita lihat dulu tren percakapan mereka di semua kanal dalam bulan April  ini. Dalam 3 hari terakhir, tampak tren keduanya naik terus.  Tanggal 9-10 April tren Jokowi lebih tinggi dari Prabowo. Dan 11 April, tren Prabowo naik lebih tinggi.

SHARE OF VOICES (1-11 APRIL 2019)

Selama bulan April ini, share of voices:

- Prabowo 53%

- Jokowi 47%  

Padahal selama bulan Maret:

- Jokowi 55%

- Prabowo 45%

SENTIMEN CAPRES (1-11 APRIL 2019)

Sentimen kedua capres dalam bulan April ini di semua kanal:

- Jokowi: Positif 59%, Negatif 27%

- Prabowo: Positif 76%, Negatif 14%  

Mengapa bisa seperti ini? Nanti kita lihat di peta SNA agar lebih jelas penyebabnya.

TREN CAPRES (11 APRIL 2019)

Khusus tren kemarin, ini sangat menarik:

- hampir di sepanjang hari, tren Jokowi lebih tinggi

- hampir tiap jam ada give away, yang tinggi interaksinya

- tren Prabowo sempat loyo setelah jam 9 pagi - setengah jam 16, tren Prabowo naik karena UAS

SHARE OF VOICE (11 APRIL 2019)

Volume percakapan tentang kedua capres 11 April: Prabowo 51% dan Jokowi 49%. Padahal sebelumnya, 10 April: Jokowi 51% dan Prabowo 49%.

SENTIMEN CAPRES (11 APRIL 2019)

Sentimen analysis Drone Emprit selain ditentukan oleh machine learning, juga dievaluasi secara manual oleh tim, untuk mendapat akurasi yang tinggi. Hasilnya kemarin:

- Jokowi: positif 57%, negatif 31%

- Prabowo: positif 73%, negatif 13%

PETA SNA JOKOWI (11 APRIL 2019)  

Relasi retweet antar-akun (tidak pakai tagar) menampilkan 3 clusters besar yang berbicara tentang Jokowi:

- 01, positif

- 02, negatif

- Give away, positif  

Tampak besar sekali volume negatif 02. Sebaliknya GA sangat berjasa terhadap volume positif.

PETA SNA PRABOWO (11 APRIL 2019)

Sedangkan relasi retweet antar-akun tentang Prabowo menampilkan hanya satu cluster besar, yaitu dari pendukung 02. Sedangkan dari pendukung 01 sangat kecil. Tak ada cluster GA tambahan di sini. Karena itu, proporsi sentimen positif jadi tinggi.

TOP INFLUENCER JOKOWI (11 APRIL 2019)

Berikut ini top 27 influencer:  

- 1 akun Give Away, bahkan mengalahkan Jokowi, Jokowi_amin.

- 15 influencers dari 02

- 3 influencers dari 01

- 5 influencers dari media

- 1 influencers umum

Pengaruh 02 sangat besar dalam volume dan sentimen negatif Jokowi.

TOP INFLUENCER PRABOWO (11 APRIL 2019)

Berikut ini top 28 influencers:

- 4 akun media

- 1 influencer 01

- sisanya influencer 02.

 Tampak 01 tak banyak membuang energi untuk membahas Prabowo.

TOP TWIT JOKOWI (11 APRIL 2019)

Sebagai bukti dan konteks, 20 top twit ini menggambarkan narasi dan sentimen tentang Jokowi:

- Twit dari akun Jokowi paling banyak direspons

- 8 dari 20 top twit dari Give Away

- 6 dari influencers 02

- 2 dari media

TOP TWIT PRABOWO (11 APRIL 2019)

Konteks narasi dan sentimen tentang Prabowo dari 20 top twit:

- 1 dari media

- 19 dari akun influencers 02

Twit dari influencer 01 tidak masuk dalam 20 top twit tersebut.

TOP HASHTAGS JOKOWI (11 APRIL 2019)

Hashtags yang kemarin banyak diangkat 01 adalah:

- #JabarJuaraHiji, #BetawiEmangJokowi, #GerindraNasionalisMenangkanJokowi dan #SiapPutihkanGBK.

TOP HASHTAGS PRABOWO (11 APRIL 2019)

Hashtags yang banyak diangkat 02 adalah:

#UASPilihPrabowo,  #MantapPilihPrabowoSandi,  #01MainCurang, dan #ParadeAkalSehat.