Oleh: Ismail Fahmi

Bagaimana suasana kampanye  dan popularitas kedua capres pada tanggal 2 April kemaren? Kita lihat data dari Drone Emprit.

TREN CAPRES (26 MARET - 2 APRIL 2019) DI SEMUA KANAL

Dari tanggal 26-28 Maret, tren Jokowi masih tertinggi. Namun sejak 29 Maret mention Prabowo mulai menyalip. 1 April ada shock di cluster 02, karena banyak akun di-hack. 2 April mulai naik lagi. Persentse: Jokowi 47% dan Prabowo 53%.

TREN KAMPANYE CAPRES (26 MARET - 2 APRIL 2019) DI SEMUA KANAL

Dalam seminggu terakhir, tren mention "kampanye" Prabowo selalu lebih tinggi dari Jokowi. Kampanye Jokowi: 34% dan kampanye Prabowo: 66%.

TREN KAMPANYE CAPRES (26 MARET - 2 APRIL 2019) DI "MEDIA ONLINE"

Namun, di media online, tren mention "kampanye" Jokowi hampir selalu lebih tinggi dari Prabowo. Kampanye Jokowi 62%, kampanye Prabowo 38%.

TREN KAMPANYE CAPRES (2 APRIL 2019) DI SEMUA KANAL  

Khusus kemarin, 2 April, tren mention "kampanye" Prabowo selalu lebih tinggi dari Jokowi.  Kampanye Jokowi 28%, kampanye Prabowo 72%.

SNA KAMPANYE JOKOWI (2 APRIL 2019)

Peta SNA tentang kampanye ini memperlihatkan bagaimana pasukan siber mengamplifikasi kampanye darat ke media sosial. Untuk kampanye Jokowi kamarin, ada 13 ribu interaksi, dari 2 cluster 01 dan 02.

SNA KAMPANYE PRABOWO (2 APRIL 2019)

Dibandingkan dengan SNA kampanye Jokowi sebelumnya (13 ribu interaksi), tampak kampanye Prabowo diramaikan oleh 51 ribu interaksi, dari dua cluster, 01 (sangat kecil) dan 02. Cluster 02 sangat masif, baik top influencer dan pendukungnya.

TOP TWIT KAMPANYE JOKOWI (2 APRIL)

Bagaimana isi dan narasi kampanye Jokowi di medsos? Ini top 20 twit yang paling banyak di-retweet.  Silahkan dinikmati sambil nyeruput kopi.

TOP TWIT KAMPANYE PRABOWO (2 APRIL)

Bagaimana isi dan narasi kampanye Prabowo di medsos? Ini top 20 twit yang paling banyak di-retweet. Silahkan dinikmati sambil nyeruput teh.

TOP MEME DAN VIDEO KAMPANYE JOKOWI (2 APRIL)

Secara visual, suasana di lapangan terkait mention kampanye Jokowi bisa dilihat di top meme dan video yang di-share di Twitter ini.

TOP MEME DAN VIDEO KAMPANYE PRABOWO (2 APRIL)

Secara visual, suasana di lapangan terkait mention kampanye Prabowo bisa dilihat di top meme dan video yang di-share di Twitter ini.

TOP HASHTAGS KAMPANYE JOKOWI (2 APRIL)

Kemarin, 3 top hashtags yang diangkat dalam kampanye Jokowi adalah #WongKitoCoblosJokowi #NgawiNyoblosJokowiAmin dan #KitongPapuaCoblosJokowi.

TOP HASHTAGS KAMPANYE PRABOWO (2 APRIL)

Kemarin, 3 top hashtags yang diangkat dalam kampanye Prabowo adalah #PrabowoMenyapaSumbar, #LautanMassaDukungPrabowo dan #15HariLagiCoblosCapres02.

TOP INFLUENCER

Atas permintaan salah satu cluster, saya tidak lagi menampilkan top influencer, dikhawatirkan memudahkan hacker melakukan targeting akun yang di-takeover.   Sebenarnya dari data di atas, tak terlalu besar dampak takeover, karena besarnya jumlah dan militansi pendukung cluster tersebut.

TIPE INTERAKSI KAMPANYE JOKOWI (2 APRIL)

Di Twitter, kita bisa lihat bagaimana cuitan dibuat. Untuk mention kampanye Jokowi:  

- twit baru: 35.16%

- retweet: 60.32%

- interaction rate: 1.84  

Artinya, banyak twit baru yg tak mendapat respons, atau rata-rata respons rendah.

TIPE INTERAKSI KAMPANYE PRABOWO (2 APRIL)

Bagaimana cuitan dibuat untuk mention kampanye Prabowo?

- twit baru: 5.60%

- retweet: 92.51%

- interaction rate: 16.85

Twit baru PS: 1,849, JKW: 4,102.  Artinya, dengan sedikit twit baru, kampanye PS dapat interaksi sangat tinggi dari fans.